11 Tips Merawat Komputer

Artikel

Nesa Azra

Apa itu Komputer?

Komputer merupakan alat yang kerap digunakan dalam berbagai aktivitas, baik di kantor maupun oleh pelajar yang mahir mengoperasikannya. Sebagai pemilik dan pengguna komputer, kewajiban kita adalah merawat dan membersihkannya dengan seksama agar tetap optimal dan terhindar dari kerusakan saat penggunaan.

Perkembangan perangkat komputer terbaru seperti tablet, laptop, dan iPad menjadi favorit masyarakat, sehingga pemilik PC atau laptop tentu berharap agar perangkatnya tetap dalam kondisi baik dan tahan lama.

Dalam pembahasan kali ini, kita akan fokus pada Tips Cerdas Merawat Komputer dengan Benar, yang jika dilakukan dengan baik, akan memberikan dampak positif berupa ketahanan lebih lama dan perlindungan dari gangguan yang dapat merusak komputer.

Komputer dapat diibaratkan seperti peliharaan yang memerlukan perawatan dan kebersihan secara teratur untuk menjaga kinerjanya.

Sebelum membahas tips merawat dan membersihkan komputer, mari kita pahami beberapa faktor yang memengaruhi kinerja komputer:

• Kualitas komputer sendiri menjadi faktor utama yang memengaruhi kinerjanya. Meskipun harga dan merek dapat berpengaruh, namun kualitas tetap menjadi aspek utama.
• ⁠Cara perawatan juga turut berperan penting. Rajin membersihkan dan merawat komputer akan meningkatkan kinerjanya seiring waktu.

Berikut adalah beberapa tips merawat dan membersihkan komputer atau laptop dengan baik:

1. Menutup Program yang Tidak Dipakai

Menutup program atau aplikasi yang tidak digunakan dapat mengoptimalkan penggunaan memory (RAM) dan mencegah kinerja komputer menjadi lambat.

2. Suhu yang Sedang atau Kontrol suhu ruangan

pastikan ventilasi mencukupi, dan pasang kipas angin dekat CPU serta monitor untuk mencegah pemanasan berlebih.

3. Instal Antivirus dan Selalu Update

Pasang program antivirus untuk melindungi komputer dari virus, dan selalu lakukan update secara berkala untuk menghindari serangan virus baru.

4. Uninstall Aplikasi atau Program Tidak Terpakai

Menghapus program yang tidak terpakai akan menghemat ruang harddisk dan mencegah kinerja komputer menjadi lambat.

5. Gunakan Stabilizer atau UPS

Pemakaian UPS dan stabilizer dapat melindungi komputer dari kerusakan yang disebabkan oleh pemadaman listrik atau fluktuasi tegangan.

6. Bersihkan Komputer

Rutin membersihkan komputer dari debu dengan menggunakan kuas halus akan mencegah kerusakan akibat penumpukan debu.

7. Matikan Komputer Saat Hujan

Matikan komputer saat hujan untuk menghindari risiko tersambar petir, terutama jika terhubung dengan jaringan wireless atau modem.

8. Pakailah Kabel Ground

Menggunakan kabel ground dapat menetralisir arus listrik yang berpotensi membahayakan dan membuat komputer lebih awet.

9. Mematikan Komputer dengan Benar

Matikan komputer sesuai prosedur yang benar untuk mencegah kerusakan dan menjaga daya tahan komputer.

10. Membesihkan File Sampah

Hapus file atau folder yang tidak diperlukan secara permanen untuk menghemat ruang harddisk.

11. Mengaktifkan Fitur Restore

Aktifkan fitur sistem restore untuk menjaga performa komputer, terutama jika terjadi masalah, dengan langkah-langkah yang mudah diatur dalam pengaturan komputer.

Semoga tips ini membantu dalam merawat komputer dengan baik dan memperpanjang usia serta kinerjanya.

share :