5 Rekomendasi Film tentang Programmer yang Wajib Kamu Tonton

Artikel

Nesa Azra

Kalau kamu programmer yang sedang cari inspirasi film bagus untuk bersantai sekaligus mengasah pikiran, coba cek rekomendasi di bawah ini.

Ada begitu banyak film tentang programmer dalam genre yang berbeda. Mulai dari film-film tentang simulated reality, hacking, sampai biopik tokoh ternama di bidang pemrograman komputer.

Penasaran apa saja?

1. The Imitation Game

Belum afdal rasanya jika memberi rekomendasi film tentang programmer tanpa menyebut The Imitation Game.

Film pemenang Academy Award untuk Best Adapted Screenplay ini berkisah tentang Alan Turing, seorang ahli matematika dan komputer, yang berhasil membuat mesin untuk memecahkan enigma code Jerman.

Mesin buatan Turing itulah yang disebut sebagai prototipe komputer modern. Bahkan, banyak orang percaya bahwa tidak akan ada profesi programmer tanpa Alan Turing.

Kesuksesan Alan Turin dan timnya dipercaya memainkan peran penting dalam menyelamatkan nyawa selama Perang Dunia II dan mempersingkat perang.

Menurut Code Academy, film ini harus ditonton oleh kamu yang tertarik dengan machine learning, karena Turing berperan besar dalam konseptualisasi dan pengembangan artificial intelligence serta data manipulation.

2. Pirates of Silicon Valley

DEV dan Test Bytes sama-sama menobatkan Pirates of Silicon Valley sebagai salah satu film tentang programmer terbaik yang pernah ada.

Gelar tersebut bukan tanpa alasan, karena dengan “dipersenjatai” jajaran pemain dan jalan cerita mengesankan, film ini berhasil mengubah pandangan orang-orang tentang dunia komputer dan pemrograman yang semulanya terkesan cupu.

Film ini bahkan juga jadi salah satu penyebab orang-orang menyambut positif kehadiran internet.

Pirates of Silicon Valley bercerita tentang bagaimana perangkat komputer pribadi (PC) awalnya dikembangkan oleh Microsoft dan Apple.

Film ini juga mengangkat dampak persaingan Steve Jobs dan Bill Gates terhadap perkembangan industri komputer sampai saat ini.

3. WarGames

Film WarGames bercerita tentang David Lightman, seorang siswa SMA yang tidak sengaja mendapat akses ke War Operation Plan Response (WOPR).

WOPR dalam cerita ini adalah superkomputer fiksional milik militer Amerika Serikat yang diprogram untuk memprediksi kemungkinan hasil perang nuklir.

Lightman mengira bahwa program tersebut adalah game komputer biasa dan memainkannya. Nah, ulahnya ini justru memicu konflik internasional.

Dirilis tahun 1983, War Games cocok ditonton jika kamu menyukai film lawas dengan tema konspirasi seputar penggunaan artificial intelligence dalam peperangan.

Film ini juga membahas tentang dampak perang dan peran probabilitas dalam machine learning.

4. Steve Jobs

Nama Steve Jobs sudah tidak asing lagi untuk generasi milenial dan gen Z.

Ada dua versi film biopik yang berfokus pada riwayat hidupnya yaitu Steve Jobs (2015) yang diperankan oleh Michael Fassbender dan Jobs (2013) dengan Ashton Kutcher didapuk sebagai pemeran utama.

Bedanya, jalan cerita Steve Jobs besutan duet Danny Boyle dan Aaron Sorkin berfokus pada upaya “jatuh bangun” Jobs mewujudkan strategi peluncuran produk-produk Apple.

Jobs yang disutradarai oleh Joshua Michael Stern lebih mengisahkan kehidupan perkuliahan dan karier Steve Jobs dari 1971 sampai 2011.

5. The Social Network

Satu lagi film biopik tentang programmer kesohor dan ciptaannya yang sudah tidak asing di telinga. Ya, film ini menceritakan bagaimana Mark Zuckerberg mengembangkan Facebook dari nol.

Facebook diawali dari Zuckerberg yang hanya iseng meladeni ide temannya untuk membuat aplikasi online untuk dipakai dalam lingkungan kampusnya saja.

Semua adegan pemrograman dalam film ini dinilai sangat akurat sehingga The Social Network dibanjiri pujian dari kritikus dan para ahli programming.

Facebook yang sekarang tentu sangat jauh berbeda dari ide awalnya. Penggunanya bahkan sudah tembus lebih dari 3 miliar orang di seluruh dunia.

share :