5 Tips Memilih Hewan yang Layak untuk Kurban

Artikel

Hewan Kurban

Muhtar

Memilih hewan kurban yang baik adalah bagian penting dalam menyambut Idul Adha. Selain memenuhi syariat Islam, hewan tersebut harus dalam kondisi sehat dan layak.

Rasulullah SAW. memberikan panduan yang jelas tentang kriteria hewan yang sah untuk kurban. Beliau bersabda:

“Empat macam hewan yang tidak sah dijadikan kurban yaitu, yang rusak matanya, yang sakit, yang pincang, yang kurus dan tidak berlemak lagi.” (HR Ahmad).

Selain itu, dari Jabir RA, beliau berkata, Rasulullah SAW. bersabda: “Janganlah kalian menyembelih hewan kurban, kecuali yang telah musinnah, terkecuali kalian sukar memperolehnya, maka sembelihlah domba yang jadza’ah.” (HR Muslim).

Kurban merupakan ibadah yang memiliki nilai sosial tinggi. Daging kurban tidak hanya dinikmati oleh keluarga yang berkurban, tetapi juga didistribusikan kepada fakir miskin dan masyarakat sekitar.

Oleh karena itu dalam hal berkurban, penting untuk memilih hewan yang sehat dan memenuhi syarat-syarat yang telah ditetapkan.

Tips Memilih Hewan

Berikut adalah 5 tips memilih hewan yang baik untuk kurban

  1. Jenis Hewan Ternak

Pastikan memilih hewan yang sesuai syariat Islam seperti sapi, kerbau, kambing, atau domba. Hewan tersebut harus halal dan sah untuk dijadikan kurban.

  1. Umur Hewan

Penting diperhatikan dalam berkurban, hewan tersebut harus memenuhi umur minimal. Untuk kambing dan domba minimal satu tahun. Kemudian, jika Anda ingin berkurban sapi atau kerbau, maka umur yang masuk kriteria kurban adalah 2 tahun.

  1. Kondisi Fisik Hewan

Sebuah hewan yang sehat tidak akan menunjukkan tanda-tanda sakit seperti demam, kurang nafsu makan, kudis, ada ekskreta (buangan) dari lubang hidung, bulu kusam dan berdiri, mata cekung dan kotor, diare, serta lemas

  1. Lokasi Pembelian

Belilah hewan dari tempat yang terpercaya dan bersih. Tempat penjualan yang baik biasanya menjaga kebersihan dan kesehatan hewan dengan baik.

  1. Hindari Membeli Hewan Kurus

Hindari hewan yang kurus karena menandakan kurangnya perawatan dan kesehatan yang buruk. Hewan yang gemuk menunjukkan bahwa hewan tersebut dalam kondisi baik dan terawat dengan baik.

share :