7 Tempat Ziarah atau Makam Wali di Jawa Timur

Artikel

Nesa Azra

Masyarakat sering memanfaatkan hari libur untuk menikmati keindahan tempat wisata, dan selain destinasi alam, kunjungan ke tempat-tempat religi juga menjadi pilihan populer saat berlibur.

Provinsi Jawa Timur khususnya kaya akan makam-makam ulama besar yang dianggap sebagai wali atau kekasih Allah SWT. Contohnya, terdapat makam lima wali yang merupakan bagian dari wali songo dan tersebar di berbagai daerah.

Selain itu, di wilayah ini juga terdapat makam-makam ulama besar yang turut berperan dalam pergerakan pada masa penjajahan dan ikut mendirikan organisasi Islam terbesar di Indonesia, yaitu Nahdlatul Ulama.

Salah satu figur yang terkait adalah Hadratussyeikh Hasyim Asyari, dan terdapat pula makam-makam dari berbagai orang alim lainnya.

Berikut adalah tujuh lokasi ziarah makam wali di Jawa Timur, seperti dikutip dari berbagai sumber:

1. Makam Sunan Ampel Surabaya

Makam Sunan Ampel, anggota dewan Wali Songo tertua, berperan besar dalam pengembangan dakwah Islam di Jawa. Terletak di Kelurahan Ampel, Kecamatan Semampir, Kota Surabaya, makam ini terus ramai didatangi peziarah dari seluruh Nusantara. Kampung Arab yang ikonik dan Masjid Ampel di sekitarnya juga menarik perhatian pengunjung.

2. Makam Sunan Giri Gresik

Kompleks Pemakaman Sunan Giri di Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik, menjadi tempat persemayaman jasad Sunan Giri atau Raden Paku Muhammad Ainul Yaqin. Kompleks ini juga mencakup jasad-jasad keluarga. Dahulu, lokasi ini adalah kerajaan Giri Kedaton yang didirikan oleh Sunan Giri pada 9 Maret 1487.

3. Makam Syekh Maulana Malik Ibrahim Gresik

Makam Syekh Maulana Malik Ibrahim berada di Desa Gapuro Sukolilo, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik. Mudah dijangkau dengan transportasi umum, makam ini menjadi tempat ziarah penting di wilayah tersebut.

4. Makam Sunan Drajat Lamongan

Terletak di Dusun Drajat, Desa Drajat, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, makam Sunan Drajat, anggota dewan Wali Songo, merupakan tempat penting yang dikenal dengan perannya dalam menyebarkan Islam di Lamongan.

5. Makam Sunan Bonang Tuban

Selain dikenal sebagai destinasi wisata alam, Tuban juga terkenal dengan Makam Sunan Bonang, tempat peristirahatan terakhir anggota Wali Songo. Lokasinya dekat pusat kota Tuban, di belakang Masjid Agung Tuban.

6. Makam Syaikhona Kholil Bangkalan, Madura

Makam Syaikhona Kholil terletak di Desa Martajasah, Kabupaten Bangkalan, Madura. Sebagai Waliullah dan guru besar, Syaikhona Kholil memainkan peran penting dalam pembentukan Nahdlatul Ulama melalui murid-muridnya.

7. Makam KH Hasyim Asyari dan Gus Dur

Lokasi lainnya adalah kompleks makam keluarga di Tebuireng, Jombang, tempat peristirahatan terakhir ulama pendiri NU, KH Hasyim Asyari, dan keluarga. Juga terdapat makam Gus Dur dan keluarganya, serta makam Kiai Wahid Hasyim, Menteri Agama pertama RI.

share :