7 Rekomendasi Bisnis bagi Mahasiswa

Artikel

Rekomendasi Bisnis Bagi Mahasiswa

Muhtar

Sebagai mahasiswa, multitasking adalah hal yang biasa. Tidak hanya berfokus pada aspek akademis, namun juga mencari peluang untuk menambah penghasilan. Semakin beragam kegiatan yang dijalani, semakin besar pula kebutuhan finansial. Terkadang, uang bulanan habis lebih cepat dari yang diharapkan, dan meminta tambahan kepada orang tua bisa menjadi pilihan sulit bagi sebagian mahasiswa. Maka dari itu, memulai bisnis sebagai sumber penghasilan tambahan menjadi solusi yang cerdas.

Berikut adalah tujuh rekomendasi bisnis yang cocok bagi mahasiswa.

Bisnis Online Shop

Bermodalkan gadget, koneksi internet, dan produk yang diminati, mahasiswa dapat menjalankan bisnis online shop. Bagi yang tidak ingin menyimpan stok, menjadi dropshipper adalah opsi yang praktis. Dengan promosi yang tepat di media sosial dan marketplace, bisnis ini dapat berkembang dengan cepat.

Bisnis Usaha Makanan Kecil

Memanfaatkan waktu antar mata kuliah, mahasiswa dapat menjual makanan kecil seperti gorengan atau snack. Bahkan, makanan berat seperti rice box juga bisa dipertimbangkan. Dengan sistem pre-order, pengelolaan pesanan dapat dilakukan secara efisien.

Penulis Freelance

Mahasiswa dengan kemampuan menulis yang baik dapat menjajal bisnis sebagai penulis freelance. Menulis artikel, konten blog, atau karya-karya kreatif lainnya dapat menjadi sumber penghasilan tambahan yang menarik. Platform online seperti freelancer.com atau Upwork adalah tempat yang baik untuk memulai.

Penerjemah

Mahasiswa yang menguasai lebih dari satu bahasa dapat memanfaatkan keahlian tersebut dengan membuka jasa penerjemah. Dengan semakin terbukanya pasar global, permintaan untuk jasa penerjemah semakin meningkat, baik untuk teks tertulis maupun lisan.

Jasa Pembuatan Website

Dalam era digital ini,  bisnis yang bergerak di bidang teknologi seperti pembuatan website sangat diminati. Mahasiswa yang memiliki keterampilan dalam pengembangan web dapat menawarkan jasa pembuatan website untuk individu,UMKM, atau organisasi.

Fotografi dan Videografi

Di era digital sekarang ini, fotografi dan videografi merupakan aktifitas yang dekat dengan mahasiswa. Oleh karena itu, bisnis fotografi dan videografi bisa jadi pilihan yang cocok.

Berbisnis foto atau video ini bisa dilakukan dengan menjualnya di situs jual foto online, atau dengan menawarkan jasa kepada orang lain.

Desain Grafis

Mahasiswa yang mahir dalam desain grafis dapat menjual jasa desain untuk berbagai keperluan seperti logo, brosur, poster, atau konten visual untuk media sosial. Kreativitas dalam menghasilkan desain yang menarik adalah kunci keberhasilan dalam bisnis ini.

Kuliah di UICI

Universitas Insan Cita Indonesia (UICI) menjadi pilihan yang tepat bagi calon mahasiswa yang ingin kulia sambil menekuni aktivitas yang lain, termasuk bekerja. Dengan sistem digital, perkuliahan di UICI bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja.

Bagi yang tertarik memperdalam pengetahuan dan keterampilan dalam dunia bisnis, UICI menawarkan program studi khusus dalam bidang tersebut. Program studi Bisnis Digital ini dirancang untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi pengusaha sukses masa depan.

Untuk informasi lengkap, silahkan mengakses pmb.uici.ac.id atau menghubungi 081 1120 1230.

share :