9 Tempat Bersejarah Di Indonesia

Artikel

Nesa Azra

Indonesia telah merdeka sejak 17 Agustus 1945, yang berarti tahun 2024 ini Indonesia sudah 79 tahun merdeka. Perjalanan kemerdekaan Indonesia sangat menarik untuk diikuti, khususnya tempat-tempat penting dalam perjalanan kemerdekaan Indonesia.

Sebagai negara dengan sejarah panjang dan kaya, menyimpan banyak warisan bersejarah yang menjadi saksi bisu perjalanan bangsa ini. Di tengah gemerlap kemajuan zaman, rumah-rumah bersejarah di Indonesia menghadirkan jendela unik yang membawa kita kembali ke masa lalu yang membentuk identitas dan keberlanjutan negara ini.

Menjadi jejak hidup dari masa ke masa yang tak terhitung banyaknya. Melangkah ke dalamnya, kita tidak hanya menyaksikan arsitektur yang timeless, tetapi juga meresapi ruang di mana kejadian sejarah mengukir jalan bagi Indonesia merdeka.

Dikutip dari Indonesiabaik.id, Berikut adalah tempat bersejarah yang bisa Anda kunjungi:

1. Rumah Rengasdengklok

Di Jalan Perintis Kemerdekaan No. 33, Rengasdengklok, Karawang, Jawa Barat, menjadi saksi perjuangan proklamasi sebagai tempat Soekarno-Hatta disembunyikan oleh golongan muda.

2. Monumen Kebulatan Tekad

Di Jalan Raya Tugu Proklamasi, Rengasdengklok, Karawang, Jawa Barat, dibangun pada tahun 1950 untuk memperingati peristiwa Rengasdengklok.

3. Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Di Jalan Imam Bonjol No. 1, Menteng, Jakarta Pusat, menjadi tempat perumusan teks proklamasi oleh Soekarno dan Hatta.

4. Tugu Proklamasi di Jalan Proklamasi

Di Menteng, Cikini, Jakarta Pusat, adalah bekas lokasi rumah Presiden Soekarno dan tempat para proklamator membacakan naskah proklamasi.

5. Radio Republik Indonesia

di Jalan Medan Merdeka Barat 4-5, Gambir, Jakarta Pusat, memainkan peran penting dalam menyebarkan kabar proklamasi pada pukul 19.00 WIB.

6. Monumen Nasional

di tengah Lapangan Merdeka, Jakarta Pusat, dibangun untuk mengenang perjuangan rakyat Indonesia merebut kemerdekaan dari pemerintahan Belanda.

7. Gedung Joang 45

di Jalan Menteng Raya 31, Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat, pada zaman Belanda berfungsi sebagai hotel dan memamerkan miniatur perjuangan Indonesia.

8. Museum Kebangkitan Nasional

di Jalan Abdurrahman Saleh No. 26, Jakarta Pusat, dulunya adalah gedung sekolah STOVIA dan sejak 1974 dijadikan Museum Kebangkitan Nasional dengan lebih dari 2.000 koleksi.

9. Monumen Pancasila Sakti

di Lubang Buaya, Cipayung, Jakarta Timur, dibangun untuk mengingat perjuangan para Pahlawan Revolusi mempertahankan ideologi Pancasila dari ancaman ideologi komunis.

share :