Acara Puncak Dies Natalis ke-2, UICI Akan Beri Penghargaan kepada Almarhum Azyumardi Azra

Berita

Muhtar

Universitas Insan Cita Indonesia (UICI) menaruh perhatian besar kepada sosok yang telah berkontribusi membangun perguruan tinggi digital pertama di Indonesia.

UICI akan memberikan penghargaan kepada almarhum Azyumardi Azra di acara puncak Dies Natalis ke-2 pada Rabu (18/01/2023) di Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

Plakat penghargaan tersebut nantinya diserahkan oleh Rektor UICI Prof. Laode Masihu Kamaluddin kepada pihak keluarga almarhum Azyumardi Azra.

Menurut penuturan Direktur Komunikasi Publik & Produksi Konten UICI, Izzaty Zephaniah, S.Sos., M.Si, Azyumardi merupakan sosok yang sangat penting di balik berdirinya UICI.

“Alm. Prof. Azyumardi Azra banyak memberikan sumbangsih pemikiran kepada UICI, terutama berkaitan dengan gagasan keislaman dan keindonesiaan, yang kemudian menjadi added values UICI. Kami belajar banyak dari beliau.”

Ia juga merupakan salah satu penulis buku Keislaman dan Keindonesiaan di Era Digital. Buku tersebut merupakan buku pegangan seluruh mahasiswa UICI dalam mata kuliah Keislaman dan Keindonesiaan.

Azyumardi Azra wafat pada 18 September 2022 di Malaysia setelah sempat dirawat selama dua hari di RS Selangor.

Sebagai seorang cendekiawan muslim, ketokohannya diakui oleh dunia. Ia pernah menjabat sebagai Rektor UIN Syarif Hidayatullah pada 1998 hingga 2006.

Pada 2010, ia memperoleh gelar kehormatan Commander of the Order of British Empire, dari Kerajaan Inggris dan menjadi ‘Sir’ pertama dari Indonesia.

Kemudian pada 2022, ia terpilih sebagai anggota Dewan Pers periode 2022–2025 dari unsur tokoh masyarakat.

Saat menjabat sebagai Ketua Dewan Pers, Azyumardi ingin mengupayakan kenaikan upah bagi jurnalis. Dia ingin menyadarkan perusahaan media untuk membuat karyawan pers lebih sejahtera.

Penghargaan kepada almarhum Azyumardi Azra ini menjadi salah satu agenda dalam acara puncak Dies Natalis ke-2 UICI.

Selain itu, akan ada beragam kegiatan lain, seperti sidang senat terbuka, orasi ilmiah, tur virtual, hingga pemberian penghargaan untuk mahasiswa berprestasi.

Adapun untuk tokoh nasional yang hadir diantaranya adalah Menteri BUMN pertama Dr. H. Tanri Abeng, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali, Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia, dan peneliti BRIN Siti Zuhro. (*)

share :