Amanah UUD 1945, UICI Komitmen Berikan Akses Pendidikan yang Terjangkau

Berita

Muhtar

Pendidikan merupakan hak setiap warga negara dan negara wajib menjamin warga negaranya untuk mendapatkan pendidikan yang layak.

Kewajiban negara dalam bidang pendidikan itu tertuang dalam Pasal 28C Ayat 1 dan Pasal 28E Ayat 1 dan secara khusus pada Pasal 31 Undang-undang Dasar (UUD) 1945.

Selain itu, dalam pembukaan UUD 1945, disebutkan bahwa salah satu tujuan berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Universitas Insan Cita Indonesia (UICI) sebagai perguruan tinggi digital pertama di Indonesia memiliki komitmen untuk memberikan akses pendidikan yang merata kepada seluruh lapisan masyarakat.

Salah satunya adalah dengan penerapan biaya kuliah yang terjangkau. UICI mematok biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) sebesar 2,5 juta per semester tanpa uang pangkal, uang gedung, dll.

Bagi mahasiswa yang tidak mampu, UICI memberikan keringanan dengan program beasiswa yang dibuka di beberapa jalur pendaftaran.

“Salah satu tujuan dari didirikannya negara ini adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Oleh karena itu, kita hadirkan pendidikan yang mudah dijangkau. Jangan sampai ada anak bangsa yang tidak bisa kuliah karena faktor tidak punya biaya,” tegas Rektor UICI Prof. Laode Masihu Kamaluddin.

Ditempat yang sama, Kepala Divisi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UICI Nike Ardina menjelaskan bahwa UICI membuka kesempatan kepada siapa saja untuk bisa kuliah.

“Kami mengusung tagline semua bisa kuliah. Harapannya tidak ada satu pun anak bangsa yang tertinggal. Semua bisa kuliah sambil kerja, bangun usaha, dan bahkan bisa juga double degree,” jelas Nike.

Perlu diketahui, saat ini UICI masih membuka pendaftaran mahasiswa baru Batch 7 gelombang 1 hingga 21 Juni 2024.

Pada PMB periode ini, UICI membuka 7 program studi yang relevan dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan industri saat ini, yaitu:

1. Informatika (Akreditasi Baik)
2. Sains Data (Akreditasi Baik)
3. Komunikasi Digital (Akreditasi Baik)
4. Bisnis Digital (Proses Akreditasi)
5. Digital Neuropsikologi (Proses Akreditasi)
6. Teknologi Industri Pertanian (Proses Akreditasi)
7. Teknik Industri (Proses Akreditasi)

Untuk informasi lebih lanjut tentang PMB UICI, silahkan buka laman pmb.uici.ac.id atau menghubungi dream consultants PMB UICI di nomor 081 1120 1230. (*)

share :