Bangun Karir di Era Digital Bersama Prodi Teknik Industri, Ada Peluang Beasiswa Penuh

Artikel

Teknik Indsutri

Muhtar

Program studi Teknik Industri merupakan salah satu jurusan yang terkait dengan perancangan, pengembangan, implementasi, dan perbaikan sistem terintegrasi yang mencakup manusia, material, energi, informasi, peralatan, dan prosedur kerja.

Prodi ini memadukan aspek teknik dan manajemen untuk menciptakan proses yang lebih efektif dan efisien dalam suatu organisasi.

Namun, massifnya perkembangan teknologi digital yang membawa pengaruh besar terhadap industri barang dan jasa membawa kekhawatiran baru.

Pertanyaan mendasar muncul tentang bisakah manusia tetap bersaing di tengah gelombang otomatisasi dan teknologi yang semakin canggih?

Kekhawatiran tentang penggantian pekerja manusia oleh mesin adalah isu yang perlu disikapi dengan bijak. Revolusi ini sebenarnya membuka peluang baru dengan menciptakan lapangan kerja yang lebih banyak dan beragam.

Universitas Insan Cita Indonesia (UICI) merespons hal itu dengan membuka Prodi Teknik Industri. Prodi ini hadir untuk mempersiapkan lulusannya menghadapi tantangan dan peluang era baru.

Peluang di Era Digital

Revolusi Industri 4.0 membawa perubahan fundamental dalam cara industri beroperasi. Situs kominfo.go.id menyebut ada 5 pilar utama penyokong industry di era digital, yaitu oleh Internet of Things (IoT), Big Data, Artificial Intelligence (AI), Cloud Computing, dan Additive Manufacturing.

Berdasarkan riset McKinsey, perkembangan industri di Indonesia memang berpotensi menggantikan 23 juta pekerjaan dengan otomatisasi. Kekhawatiran muncul bahwa peran pekerja manusia akan digantikan oleh robot dan komputer.

Namun, di balik itu, akan lahir 46 juta lapangan kerja baru hingga tahun 2030, termasuk di dalamnya profesi-profesi yang saat ini belum terbayangkan.

Menghadapi dinamika itu, Prodi Teknik Industri UICI siap menyiapkan generasi tangguh dan inovatif dalam menghadapi era baru ini.

Dengan fokus pada penggabungan teknologi otomatisasi dan informasi, Prodi ini akan melahirkan para profesional yang tidak hanya memiliki pemahaman mendalam tentang proses industri, tetapi juga mampu merancang solusi cerdas untuk permasalahan yang kompleks.

Prodi Teknik Industri

Keunggulan dan Prospek Karir

Berikut ini adalah keunggulan dari Prodi Teknik Industri:

  1. Memiliki integritas, kompetensi dan entrepreneurial bidang Teknik Industri berbasis Digital
  2. Memiliki kemampuan dalam perancangan, perbaikan proses, dan instalasi pada sistem terintegrasi berbasis digital
  3. Memiliki kemampuan mengembangkan pengetahuan dan keterampilan secara terus-menerus
  4. Memiliki kemampuan menerapkan kreativitas dan inovasi dalam menciptakan serta mengembangkan peluang bisnis manufaktur berbasis digital

Sedangkan untuk prospek lulusan Prodi Teknik Industri yaitu:

  1. Industrial engineer
  2. Quality controller
  3. Product analyst
  4. Production engineer
  5. Logistics specialist
  6. Demand planner

Pendaftaran dan Beasiswa

Pendaftaran untuk Prodi Teknik Industri UICI masih dibuka hingga 31 Agustus 2023. Berbagai jalur pendaftaran disiapkan untuk menyambut calon mahasiswa baru yang datang dari berbagai latar belakang

Peluang mendapatkan beasiswa pun terbuka pada beberapa jalur pendaftaran, yaitu jalur keluarga besar HMI – KAHMI, jalur prestasi akademik, jalur tahfiz, jalur yatim piatu, dan jalur keluarga petani, buruh, dan nelayan.

Bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah di prodi ini, bisa mengakses laman pmb.uici.ac.id atau menghubungi customer service 081-1120-1230 untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.

Jangan lewatkan kesempatan untuk menjadi bagian dari perubahan dan memimpin di era Revolusi Industri 4.0.

 

share :