Bisnis Digital, Info Perkuliahan dan Prospek Kerja

Artikel

Muhtar

Sadar atau tidak, perkembangan teknologi beberapa tahun belakangan melahirkan banyak peluang bagi para pebisnis. Banyak perusahaan yang akhirnya berlomba-lomba untuk terjun ke dunia digital, dengan membuka e-commerce. Hal ini membuat permintaan untuk lulusan bisnis digital semakin meningkat.

Untuk anda yang ingin menjadi incaran para perusahaan setelah lulus nanti, Program Studi Bisnis Digital bisa menjadi pilihan yang tepat. Seperti apa Prodi Bisnis Digital itu? Apa saja yang dipelajari, dan bagaimana prospek kerjanya? Temukan jawabannya di artikel berikut!

Melansir dari danacita.co.id, Program Studi Bisnis Digital adalah bidang studi yang mempelajari segala hal tentang bagaimana cara merancang bisnis yang dikembangkan menggunakan teknologi digital. Program studi ini merupakan perpaduan dari ilmu bisnis, manajemen, sistem informasi, hingga teknik informatika.

Hadirnya Prodi Bisnis Digital sejalan dengan tantangan bisnis masa depan yang akan didominasi oleh sistem digital. Dengan kata lain Prodi ini dikembangkan untuk mempersiapkan sumber daya manusia di bidang penguasaan startup digital, market place, big data, hingga artificial intelligence sehingga memerlukan kajian terstruktur, mendalam, dan berkelanjutan untuk merumuskan strategi bisnis yang tepat.

Apa Itu Bisnis Digital

Program Studi Bisnis Digital mengajarkan segala hal yang berkaitan dengan cara merancang bisnis dengan menggunakan teknologi digital.

Program studi ini menggabungkan ilmu bisnis, manajemen, sistem informasi, dan teknik informatika.

Tujuan dari jurusan ini adalah untuk menyiapkan sumber daya manusia yang dapat menguasai bidang startup digital, market place, big data, dan kecerdasan buatan di masa depan.

Karena bisnis akan didominasi oleh sistem digital, maka diperlukan kajian terstruktur dan mendalam untuk merumuskan strategi bisnis yang tepat.

Kenapa Harus Memilih Bisnis Digital

Bisnis digital adalah industri yang semakin berkembang pesat dan menawarkan peluang karir yang menjanjikan bagi para lulusan kuliah.

Tidak hanya menawarkan gaji yang menarik, namun bisnis digital juga memberikan kesempatan untuk bekerja secara fleksibel dan bahkan memulai bisnis sendiri.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa kuliah di bisnis digital bisa menjadi pilihan yang tepat:

1. Peluang karir yang luas

Bisnis digital mencakup banyak aspek yang berbeda, mulai dari pemasaran digital, e-commerce, analisis data, hingga pengembangan aplikasi. Hal ini memberikan banyak peluang karir yang berbeda bagi lulusan kuliah, tergantung pada minat dan keahlian mereka.

2. Potensi penghasilan yang tinggi

Industri bisnis digital menawarkan gaji yang menarik bagi para profesional yang berkualitas. Banyak perusahaan teknologi yang bersedia membayar gaji yang tinggi untuk karyawan yang memiliki keterampilan dan pengalaman yang diperlukan. Selain itu, sebagai pemilik bisnis digital yang sukses, Anda bisa memperoleh penghasilan yang sangat besar.

3. Fleksibilitas kerja

Bisnis digital juga menawarkan fleksibilitas kerja yang tinggi. Banyak perusahaan teknologi yang memungkinkan karyawannya untuk bekerja dari jarak jauh, sehingga Anda bisa bekerja dari mana saja asalkan memiliki koneksi internet yang baik.

Selain itu, Anda juga bisa memilih untuk bekerja sebagai freelancer atau memulai bisnis sendiri yang memungkinkan Anda untuk mengatur jadwal kerja Anda sendiri.

4. Inovasi yang terus berkembang

Industri bisnis digital terus berkembang dan mengalami perubahan yang cepat. Hal ini memungkinkan para profesional untuk terus belajar dan berkembang dalam karir mereka. Anda akan selalu memiliki kesempatan untuk belajar teknologi baru dan meningkatkan keterampilan Anda dalam industri yang selalu berubah.

5. Peluang memulai bisnis sendiri

Bisnis digital juga memberikan kesempatan untuk memulai bisnis sendiri. Dengan biaya yang relatif rendah, Anda bisa memulai bisnis yang menghasilkan pendapatan yang besar.

Tentunya dengan memanfaatkan internet yang saat ini tidak dapat dipungkiri lagi manfaatnya. Dengan pemahaman bisnis digital, dunia usaha yang akan dijalankan mampu mencapai taraf internasional.

Apa yang Dipelajari

Program Studi Bisnis Digital memiliki beragam mata kuliah yang mencakup berbagai bidang. Di sini, anda akan mempelajari teori dasar terkait bisnis secara umum, seperti pengantar bisnis, manajemen, perilaku konsumen, dan lainnya.

Selain itu, anda juga akan mendapatkan pengetahuan yang berkaitan dengan startup digital, big data, dan kecerdasan buatan (AI).

Selama masa kuliah, anda akan belajar tentang e-commerce, pengelolaan media sosial, pengalaman pengguna, dan bahasa pemrograman.

Ada banyak mata kuliah yang akan anda ambil, seperti pemasaran internet, akuntansi manajemen, e-marketing & e-crm, pengembangan situs web, sistem informasi akuntansi, analisis perilaku konsumen, manajemen strategi, pengembangan produk, fintech industry, dan lainnya.

Prospek Lulusan

Beberapa karir yang populer di industri bisnis digital antara lain:

1. Peneliti Teknologi Bisnis Digital
2. Analisis Bisnis Digital
3. Spesialis Pemasaran Digital
4. Konsultan Bisnis Digital
5. Analis Fintech
6. Technopreneur
7. Bekerja di Industri Keuangan dan Perbankan
8. Bisnis Startup
9. Pengusaha Bisnis Digital

share :

Newsletter

Signup our newsletter to get update information, news or insight for free.