Dapat Pertanyaan Sulit Saat Interview Kerja? Yuk Ikuti Tips Ini!

Artikel

Kanyaka Anindita

Foto: freepik

Wawancara kerja adalah salah satu tahapan yang harus dilalui pelamar agar perekrut bisa mengenal pelamar lebih baik. Kadang ada pertanyaan yang diberikan tidak sesuai dengan yang sudah pelamar siapkan sebelumnya atau pertanyaan jebakan yang mengharuskan pelamar untuk tidak menjawab sembarangan.

Dikutip dari CNBC, berikut ini beberapa pertanyaan sulit dan tips untuk menjawabnya!

  • Apa kelemahanmu?

Alih-alih terlalu gamblang menjawab kelemahan yang malah membuat kalian terlihat tidak profesional, cobalah untuk mengutarakan juga solusi dari kelemahan yang dimiliki

  • Apa pencapaian terbesar anda?

Jawablah pertanyaan ini dengan prestasi atau pencapaian sebelumnya yang relevan dengan pekerjaan yang sedang dilamar. Jika kalian fresh graduate dan belum pernah bekerja, bisa dengan menjawab dengan pencapaian yang dilakukan ketika mengerjakan tugas kuliah.

  • Kenapa resign dari kantor sebelumnya?

Sebaiknya jelaskan secara jujur alasan resign dengan bijak. Tidak perlu merasa bersalah atau malu.

  • Apa rencanamu dalam lima tahun kedepan?

Meski ambigu, namun perekrut ingin mendengar jawaban tentang rencana jangka panjang pelamar untuk berkembang bersama dengan perusahaannya. Tidak perlu menjawab tentang rencana pribadi yang tidak berkaitan dengan perusahaan tersebut.

  • Mengapa memilih profesi ini?

Biasanya pelamar akan kesulitan untuk mencari kata-kata yang tepat untuk menjawab pertanyaan ini. Cobalah untuk menjawab dengan jujur dan persiapkan jawabannya dengan matang.

  • Mengapa ingin bergabung dengan perusahaan kami?

Jawablah pertanyaan ini dengan keinginan yang jelas. Berikan kesan jika pelamar antusias untuk berkembang di perusahaan tersebut.

  • Jenis pekerjaan apa yang diinginkan?

Hindari menjawab jenis pekerjaan yang tidak berhubungan dengan pekerjaan yang dilamar. Ketahui deskripsi pekerjaan yang dilamar dan menjelaskan spesifikasi yang dimiliki.

Jika sudah siap dengan jawaban untuk wawancara, jangan lupa untuk mempersiapkan diri untuk hari wawancara. Buatlah kesan yang baik ketika wawancara agar selalu diingat oleh perekrut. Dilansir dari Grid, berikut beberapa tips untuk membuat kesan baik saat wawancara kerja.

  1. Postur tubuh yang baik akan memperlihatkan kepercayaan diri
  2. Tersenyum dengan tulus
  3. Jangan terlalu banyak menceritakan diri secara pribadi, fokuslah pada kompetensi dalam diri dan menjawab pertanyaan dengan jujur, yakin, dan antusias
  4. Berpakaian yang rapi dan sesuai dengan situasi
  5. Tenang dan rileks, jangan sampai terlihat gugup ketika wawancara.

Insan Cita yang akan melamar kerja bisa menerapkan tips di atas. Semoga berhasil!

share :