Digication Batch 6, Prof. Siti Zuhro Tekankan Pentingnya Keseimbangan Kehidupan Digital dengan Kehidupan Nyata

Berita

Muhtar

Ketua Majelis Pendidikan Tinggi Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (MPTK) Prof. Dr. R Siti Zuhro mengajak para mahasiswa baru UICI menyeimbangkan kehidupan digital dengan kehidupan nyata.

Hal tersebut ia sampaikan saat memberikan sambutan dalam acara pembukaan Digital Campus Orientation (Digication) pada Ahad (03/03/2024).

“Kita juga perlu menemukan keseimbangan dunia digital itu dengan dunia nyata. Jadi kita perlu menemukan keseimbangan antara kehidupan dan offline,” katanya.

Ia menambahkan anak-anak muda sekarang perlu mengalihkan fokus di dunia nyata. Hal itu bisa dilakukan dengan menekuni hobi, olahraga, membaca, dan aktivitas lainnya.

“Kita tetapkan batasan dari aplikasi dan media sosial seringkali juga mengganggu konsentrasi dan ketenangan pikiran kita,” tambahnya.

Prof. Siti mengingatkan bahwa apa yang ditampilkan di media sosial itu tidak selalu mencerminkan realitas kehidupan seseorang.

Untuk itu, ia meminta para mahasiswa baru UICI fokus pada capaian pribadi masing-masing, tidak perlu meniru orang lain

“Kita justru harus memperkuat, memperkokoh rasa percaya diri kita di era digital dengan meng-create, kita tidak mencontek-contek gaya-gaya orang,” kata Siti Zuhro.

Lebih lanjut, ia menekankan pentingnya menjaga kesehatan mental di era digital.

Menurutnya, hal ini bisa dimulai dengan mengenali dampak negatif dari teknologi dan menggunakan strategi yang efektif untuk menemukan keseimbangan antara kehidupan digital dengan kehidupan nyata. (*)

share :