Dimulai dari Rumah, Ini Tips Mudah Mengelola Sampah,

Artikel

Muhtar

Salah satu masalah yang berkaitan dengan lingkungan hidup adalah sampah. Sampah kerap kali mudah untuk diproduksi namun terasa sulit untuk diatasi.

Data Direktorat Penanganan Sampah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menunjukkan pada 2021 terdapat 23 juta ton timbulan sampah yang berasal dari sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga.

Sebanyak 28,29 persen dari total timbulan sampah yang ada merupakan jenis sampah sisa makanan, dan 15.69 persen adalah sampah plastik.

Oleh karena itu, mengelola sampah merupakan langkah penting dalam menjaga lingkungan. Dengan melakukan praktik yang tepat, kita bisa membantu mengurangi dampak negatifnya terhadap bumi.

Mengelola sampah dengan baik bukan hanya tanggung jawab pemerintah atau lembaga tertentu, tapi juga tanggung jawab bersama sebagai bagian dari upaya melestarikan lingkungan hidup.

Berikut adalah tips mudah mengelola sampah yang bisa dilakukan di rumah tangga:

1. Memilah sampah 

Langkah pertama yang penting adalah memisahkan sampah menjadi kategori yang berbeda. Pengelompokan sampah menjadi organik dan anorganik merupakan langkah awal yang mudah dilakukan di rumah.

Dengan memisahkan sampah, proses pengolahan lebih lanjut akan menjadi lebih efisien.

2. Mengolah sampah organik menjadi pupuk kompos

Sampah organik seperti sisa makanan dapat diolah menjadi pupuk kompos. Proses ini tidak hanya mengurangi jumlah sampah yang masuk ke tempat pembuangan akhir, tetapi juga menghasilkan pupuk yang berguna untuk tanaman.

Dengan melakukan kompos, Anda mendukung siklus daur ulang alami sampah organik.

3. Mendaur ulang sampah anorganik kering

Sampah anorganik seperti kertas, plastik, dan logam bisa didaur ulang. Memisahkan sampah ini dari yang organik memungkinkan untuk mendaur ulang dan mengurangi limbah yang memenuhi tempat pembuangan sampah.

4. Mengelola sampah berbahaya

Sampah berbahaya seperti baterai, lampu neon, atau limbah elektronik perlu dikelola dengan hati-hati. Jangan membuangnya bersama-sama dengan sampah biasa karena dapat mencemari lingkungan.

Banyak tempat yang menerima pengumpulan khusus untuk sampah berbahaya. Memanfaatkan layanan ini akan membantu dalam pengelolaan yang aman bagi lingkungan sekitar.

5. Meminimalisir sampah plastik

Plastik merupakan salah satu sampah yang sulit terurai dan banyak mencemari lingkungan. Untuk mengurangi sampah plastik, mulailah dengan menghindari penggunaan kantong plastik sekali pakai.

Gunakan kantong belanjaan yang dapat digunakan berulang kali atau bawa wadah sendiri saat membeli makanan untuk mengurangi sampah plastik dari kemasan makanan.

share :