Dirjen Dukcapil: Pendidikan Digital Jadi Kebutuhan Masa Kini dan Masa Depan

Artikel-Berita

Muhtar

Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh mengatakan pendidikan digital telah menjadi kebutuhan di masa kini dan yang akan datang.

Hal tersebut ia sampaikan saat berkunjung ke Universitas Insan Cita Indonesia (UICI) di Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (04/03/2022).

Ia menyampaikan, dari data kependudukan, dalam satu bulan ada lebih dari 500 ribu penduduk berpindah dan sekitar enam – tujuh juta dalam satu tahun.

Hal itu, menurut Zudan juga diikuti dengan harapan masyarakat yang semakin tinggi akan sesuatu yang lebih mudah, cepat, dan akurat.

“Adanya sistem online, tanda tangan digital, face recognition, sistem biometrik sudah mendukung bagaimana digitalisasi pendidikan itu dilakukan,” kata Zudan.

“Oleh karena itu, saya mendukung penuh yang dilakukan oleh UICI terkait dengan bagaimana mengelola pendidikan secara full digital. Ini akan menjawab kebutuhan kita” lanjutnya.

Dengan hadirnya pendidikan digital, lanjut Zudan, seluruh masyarakat Indonesia bisa mengakses pendidikan, termasuk bagi mereka yang bekerja di luar negeri.

“Sehingga WNI kita yang bekerja di Malaysia, di Arab Saudi, di Hongkong, di Amerika, di Belanda tetap bisa belajar dengan kultur Indonesia. Syukur-syukur bisa belajar ilmu-ilmu yang dikembangkan di Indonesia plus ilmu-ilmu yang dikembangkan saat berada dan bekerja di luar negeri,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Zudan menjelaskan dalam pendidikan digital, tidak ada lagi kebutuhan kelas untuk proses pembelajaran. Mahasiswa pun bisa memilih kelasnya sendiri, mau kelas pagi, siang atau malam.

“Ini yang menjadi pemikiran kita ke depan, mudah-mudahan kita semua kompak menuju pendidikan digital,” tutup Zudan.

Sementara itu Wakil Rektor II UICI Lely Pelitasai Soebekti mengungkapkan terima kasih atas dukungan dan kunjungan dari Dirjen Dukcapil itu. Ia berharap dukungan tersebut akan menambah semangat UICI dalam melakukan inovasi-inovasi di dunia pendidikan.

“Kami tentu sangat mengapresiasi dan terharu dengan bentuk dukungan ini, UICI akan terus berupaya berinovasi menciptakan sistem pendidikan yang mampu memenuhi harapan masyarakat,” ungkap Lely.

share :