Fakta-fakta Menarik Tentang Bahasa di Dunia

Artikel

Kanyaka Anindita

Bahasa merupakan alat yang digunakan manusia untuk berkomunikasi dengan satu sama lain. Hampir setiap negara memiliki bahasa, tata bahasa, hingga kekhasannya masing-masing. Misalnya saja dalam Bahasa Inggris kita menyebut kata sakit dengan pain, namun dalam Bahasa Jawa, rasa sakit bisa diekspresikan melalui banyak kata sesuai dengan keadaannya, seperti pegel, linu, njarem, mumet, mules, ngelu, cekot-cekot, cekit-cekit, dan lainnya. Berikut fakta-fakta menarik tentang bahasa di dunia.

  1. Papua Nugini memiliki sekitar 800 bahasa

Meskipun Indonesia memiliki banyak bahasa daerah, namun Papua Nugini memiliki lebih banyak bahasa. Jika Indonesia memiliki sekitar 710 bahasa, Papua Nugini memiliki 841 bahasa.

  1. Skotlandia memiliki sekitar 421 kata untuk menyebut salju

Dikutip dari IDN Times, Skotlandia menyebut salju dengan beragam kata, misalnya sneesl yang artinya ‘mulai turun salju’, skelf berarti ‘kepingan salju yang besar’, dan flindrikin yang berarti ‘hujan salju ringan’. Selain Skotlandia, beberapa negara juga punya banyak kata untuk menyebut kata yang biasanya hanya disebut satu kata di negara lain.

  1. Bahasa buatan untuk keperluan menulis buku, televisi, dan perfilman

Untuk keperluan menulis buku, tayangan di televisi, dan perfilman, bahasa buatan diciptakan oleh penulis novel Lord of The Rings, J.R.R Tolkien. Bahasa yang ia buat tersebut digunakan sebagai bahasa makhluk mitologi yang ada di dalam bukunya.

  1. Bahasa Khmer di Kamboja memiliki jumlah alfabet terbanyak

Negara Kamboja menggunakan Bahasa Khmer yang memiliki alfabet paling banyak yaitu 70 buah. Terdiri dari 33 konsonan, 23 vokal, dan 12 vokal independen. Sedangkan bahasa yang memiliki alfabet paling sedikit adalah Papua Nugini.

  1. Bahasa Mandarin disebut menjadi bahasa paling sulit dipelajari

Bahasa Mandarin memiliki karakter dengan cara penulisan yang rumit karena menggunakan simbol-simbol. Ada sekitar 8 ribu simbol yang umum digunakan. Meskipun demikian, dikutip dari kompas.com, Bahasa Mandarin dicatat sebagai bahasa dengan penutur paling banyak ke-2 di dunia yaitu sekitar 1,12 miliar orang.

share :