Fitur Instagram Baru, Buat Media Sosial yang Aman Untuk Anak

Artikel

Kanyaka Anindita

foto: freepik.com

Teknologi yang semakin canggih, membuat siapa saja bisa mengaksesnya dengan mudah. Media sosial dengan beragam jenis dan kemudahannya, merupakan gaya hidup bukan hanya untuk orang dewasa, melainkan juga remaja dan anak-anak.  Pengawasan dirasa penting agar anak tidak sembarangan menggunakan media sosial sendiri. Instagram pun merilis fitur pengawasan bagi orang tua yang dapat tersambung dengan akun anak pada Selasa (13/9/2022).

Dikutip dari kompas.com, fitur ini memungkinkan orang tua memiliki akses ke akun anak. Pengawasan yang dilakukan dapat berupa memantau followers dan following akun anak, notifikasi jika anak me-report akun tertentu, pemberitahuan laporan terkait report serta mengatur jadwal istirahat anak saat bermain media sosial.

Putri Silalahi, Headof Comminication Instagram Asia Tenggara menyebut fitur ini bertujuan sebagai family center sehingga Instagram bisa digunakan bersama-sama. Ia juga mengungkap fitur ini untuk mendorong komunikasi yang terbuka dan bisa mengetahui aktivitas anak di media sosial secara real time. Peluncuran fitur ini merupakan bentuk dari kampanye #AnakIndonesiaAmanDigital.

Cara pemakaian fitur pengawasan ini adalah :

  1. Buka akun Instagram orang tua
  2. Masuk ke halaman profil
  3. Pilih tiga garis horizontal untuk masuk ke menu opsi
  4. Pilih menu pengawasan dan masukan akun Instagram anak untuk mengirim undangan
  5. Pilih terima undangan di akun anak. Permintaan undangan dapat dilakukan dari akun anak ke orang tua

Fitur ini menjadi pilihan yang berguna untuk meminimalisir risiko dari penggunaan media sosial pada anak dan untuk memaksimalkan manfaat media sosial bagi anak. Beberapa manfaat media sosial untuk anak dilansir dari laman Social Media Today antara lain, untuk meumbuhkan rasa percaya diri, membentuk pertemanan, membangun koneksi, dan mendapat hiburan dan informasi.

Selain Instagram, media sosial atau aplikasi hiburan lain yang ada di ponsel juga memerlukan fitur untuk bisa membedakan penggunaan oleh anak dan orang dewasa. Misalnya saja di Youtube yang memiliki halaman anak tersendiri, Youtube Kids. Lalu Disney+ Hotstar yang juga memiliki menu serupa dengan menyajikan film-film yang aman ditonton untuk anak.

share :