Hadir dalam Laporan Tahunan, Mahfud MD Sebut UICI Didirikan Untuk Mencetak Kader Bangsa

Berita

Muhtar

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Prof. Mahfud MD mengatakan Universitas Insan Cita Indonesia  (UICI) didirikan untuk mencetak kader bangsa.

“Universitas Insan Cita Indonesia dibangun untuk mencetak kader bangsa dan membangun masa depan Indonesia dengan tenaga-tenaga yang profesional, adaptif terhadap kehidupan masyarakat yang serba digital,” kata Prof. Mahfud usai mendengarkan Laporan Tahunan (2022) UICI di Gedung Rektorat pada Jumat (07/04/2023).

Menurut Ketua Dewan Pakar MN KAHMI ini, UICI merupakan perguruan tinggi yang adaptif terhadap perkembangan teknologi. Untuk itu, ia tidak ragu untuk mengajak kepada para generasi muda Indonesia untuk bergabung dengan UICI.

Insyaallah anda akan sukses bersama UICI untuk membangun masa depan yang lebih maju,” jelas Mahfud.

Selain Mahfud, hadir pula Koordinator Presidium MN KAHMI sekaligus Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia, Anggota Komisi III DPR RI Rifqinizamy Karsayuda, Ketua Majelis Pendidikan Tinggi KAHMI (MPTK) Prof. Siti Zuhro, dan beberapa tokoh KAHMI lainnya.

Beberapa Capaian UICI

Dalam laporan yang disampaikan oleh Rektor UICI Prof. Laode Masihu Kamaluddin, banyak hal yang telah dicapai oleh perguruan tinggi yang baru berusia dua tahun ini.

Dari segi jumlah mahasiswa, pada  tahun 2022, jumlah pendaftar di UICI mencapai 4.803 dengan jumlah mahasiswa yang sampai melakukan registrasi mencapai 1.312.

Jumlah tersebut tersebar di 450 kota di 34 provinsi di Indonesia. Selain itu, UICI juga telah menjangkau mahasiswa di luar negeri, yaitu di Taiwan dan Jerman.

Prestasi yang ditorehkan oleh para mahasiswa juga cukup baik. Sepanjang tahun 2022 ini, para mahasiswa UICI telah meraih 12 prestasi, 3 di antaranya skala nasional.

Di wilayah akademik, pada tahun 2022, UICI telah menyelesaikan pengembangan platform Artificial Intelligence Digital Simulator Teaching Learning System (AI DSTLS). Pada September 2022, semua mata kuliah di UICI telah menggunakan AI DSTLS.

Platform AI DSTLS ini merupakan platform inti UICI dalam menjalankan operasionalnya sebagai universitas digital. Dengan AI DSTLS, perkuliahan di UICI bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.

UICI pada tahun 2022 membuka program studi baru yaitu Digital Neuropsikologi. Meskipun masih baru, program studi ini langsung menjadi primadona dengan jumlah pendaftar paling banyak.

Capaian UICI selanjutnya adalah pada manajerial organisasi. Pada tahun 2022, UICI mendapatkan penghargaan dari LLDIKTI wilayah III sebagai perguruan tinggi dengan nilai pelaporan PPDIKTI 100 persen. Hasil laporan tersebut mengantarkan UICI mendapat nilai kinerja organisasi istimewa.

share :