
Tidak jauh berbeda dengan jurusan Ilmu Komunikasi, Komunikasi Digital tentunya mempelajari tentang penyampaian pesan bersama dengan sarana yang dipakai. Namun, yang membuat menarik adalah Komunikasi Digital akan lebih mengkolaborasikan komunikasi dengan teknologi, seni, dan desain secara lebih mendalam.
Munculnya media sosial seperti Whatsapp, Instagram, Twitter, Facebook, dan jaringan virtual lainnya membuat studi tentang komunikasi secara digital layak untuk dipelajari. Diperlukan cara-cara tertentu untuk bisa menyajikan pesan agar tersampaikan dengan baik dan menarik kepada sasaran.
Setelah melewati masa pandemi, komunikasi secara virtual bukan lagi sesuatu yang tabu untuk dilakukan secara terus menerus bahkan untuk keperluan yang penting. Konsep world without border atau dunia tanpa batasan menjadi akibat dari adanya komunikasi secara digital lewat berbagai platform sehingga kita bisa menikmati apa saja, dari mana saja, dan kapan saja dengan adanya kemudahan dari teknologi.
Adaptasi terhadap teknologi harus dilakukan oleh setiap industri dengan komunikasi digital sebagai dasarnya. Manfaat yang didapatkan berupa kemudahan, efektivitas tenaga, serta efisiensi waktu. Dengan komunikasi digital kita bisa tahu interaksi secara langsung bukan satu-satunya solusi untuk melakukan sesuatu.
Konsep yang ada dalam komunikasi digital meliputi internet dan konsep diluar internet seperti CD-ROM, multimedia, sampai virtual reality. Konsep komunikasi digital seperti ini sangat berguna untuk bidang-bidang komunikasi seperti pemasaran, public relations, sampai jurnalistik agar selalu mengikuti perkembangan teknologi.
Belum begitu banyak kampus yang menyediakan Komunikasi Digital sebagai program studinya. Universitas Insan Cita Indonesia (UICI) menjadi salah satu kampus yang sadar akan kebutuhan komunikasi digital di dunia. Selain program studi, sebagai kampus digital, UICI juga hadir dengan memanfaatkan komunikasi secara virtual tersebut di seluruh kegiatan.
Program studi Komunikasi Digital UICI memiliki keunggulan diantaranya:
- Kemampuan berkomunikasi dengan orang lain yang fokus terhadap maksud dan tujuan
- Kemampuan bekerja dalam tim, mendukung interaksi tim dan menentukan tujuan bersama
- Kemampuan menganalisa dan berfikir kritis
- Keahlian dalam mendesain pertanyaan, investigasi, inovasi, dan asesmen terhadap suatu komunikasi
- Memiliki kesadaran diri dan tanggung jawab sosial
- Memiliki karakter positif yang menjunjung identitas suatu budaya
- Memiliki kemampuan mendirikan dan mengelola media digital secara profesional
- Memiliki kemampuan meneliti dan mengembangkan ilmu pengetahuan komunikasi digital
- Memiliki kemampuan mengembangkan profesi sebagai insan komunikasi di berbagai media digital, baik di tingkat regional, nasional, maupun internasional
Lulusan Komunikasi Digital juga punya prospek kerja yang bervariatif misalnya:
- Jurnalis dan Marketer di era digital
- Pengusaha filantropi
- Desainer grafis dan komunikasi visual
- Peneliti ilmu komunikasi digital
Jika Komunikasi Digital merupakan program studi yang kalian cari, UICI sudah membuka Penerimaan Mahasiswa Baru Batch 4 yang dimulai tanggal 10 Oktober sampai 25 Desember 2022 mendatang. Jangan sampai terlewat!