Jangan Sekadar Jadi Mahasiswa! Pesan WR 2 UICI dalam Alumni Insights IPB

Uncategorized

Kanyaka Anindita

Wakil Rektor 2 Universitas Insan Cita Indonesia (UICI) Bidang Non Akademik, Lely Pelitasari Soebekty menghadiri acara Alumni Insights 2022 di Institut Pertanian Bogor (IPB) pada Rabu (26/10/2022) yang diselenggarakan via daring di Zoom Meeting.

Sebagai salah satu alumni IPB, Lely memaparkan pengalamannya selama berkarir dan tetap aktif berorganisasi setelah lulus dari perkuliahan.

Ia memberikan pesan kepada para mahasiswa baru yang menghadiri acara tersebut terkait dengan apa yang tidak bagi seorang mahasiswa dan apa hal wajib yang perlu dilakukan sebagai alumni. Lely menyebutnya dengan ‘5 Tidak dan 5 Wajib’.

Pertama, tidak ada yang kebetulan bagi mahasiswa. Lely berpendapat apapun alasan mahasiswa memilih kampusnya dan dimanapun jalan yang akan ditempuh nantinya, semua itu bukanlah kebetulan.

“Anda diterima jadi masuk IPB Anda ada disini pasti ada sebuah skenario yang lebih besar yang kita belum tahu. Itu yang kemudian menjadi sekarang,” ungkapnya.

Kedua, mahasiswa dituntut untuk tidak hanya berkuliah. Lely mengungkap dirinya dahulu tidak mengikuti kegiatan organisasi di kampus ketika semester pertama karena ingin berfokus kuliah sehingga tidak mengulang mata kuliah dan hanya mengikuti beberapa kursus.

Ketiga, Lely berpesan untuk mahasiswa agar tidak boleh eksklusif. Artinya mahasiswa tidak boleh memiliki kecenderungan untuk hanya dengan kelompoknya saja. Diperlukan pikiran yang terbuka.

“Dalam konteks sosialisasi berteman, belajarlah untuk menjadi orang yang open heart, open mind, dan kemudian menerima perbedaan dan tidak terjebak pada ekspresi-ekspresi politik praktis misalnya yang tanpa kita sadari kemudian masuk ke dalam alam pikiran teman-teman dari segala bentuk intervensi di luarnya,” jelasnya.

Keempat, tidak membanding-bandingkan. Menurut Lely, mahasiswa harus bangga terhadap apa yang mereka miliki sekarang meskipun misalnya tidak berkuliah di universitas favorit.

“Anda masuk dengan kebanggaan dan kemudian ada di dalam punya ekspektasi tertentu tapi kemudian misalnya ada yang mengecewakan itu yang harus dijaga realistis. Jadi membanding-bandingkan akan baik kalau dalam konteks positif menjadi acuan yang lebih baik,” lanjutnya.

Kelima, mahasiswa tidak boleh cheating. Terlebih karena pandemi, Lely menegaskan sistem online menjunjung tinggi kepercayaan. Hal itu harus dijaga dengan mahasiswa mengerjakan tugas secara benar dan menjaga integritas.

Kemudian di akhir, Lely melanjutkan dengan menjelaskan kewajiban sebagai seorang alumni. Pertama, wajib untuk menjaga nama baik kampus. Kedua, wajib menjaga integritas. Ketiga, wajib punya cita-cita. Keempat, wajib menjaga silahturahmi dengan almamater. Kelima, wajib menjaga hubungan baik dengan orang tua.

share :