
Dalam berbisnis, selain memiliki branding dan marketing yang baik, pengusaha perlu melakukan brand management. Salah satu tujuan dari brand management adalah untuk menciptakan keunikan manfaat untuk konsumen sehingga konsumen akan lebih memilih produk kita dibandingkan dengan kompetitor.
Brand management merupakan cara yang dilakukan untuk mempertahankan produk di pasaran. Brand manajemen yang baik memungkinkan pengusaha untuk menaikkan keuntungan dan mendapatkan pelanggan setia melalui brand awareness yang kuat.
Ada dua komponen dalam manajemen brand. Pertama, direct yang merupakan komponen yang dapat dilihat dan dirasakan langsung seperti kemasan dan harga. Sedangkan yang kedua adalah indirect yang merupakan komponen tidak berwujud berupa pengalaman konsumen.
Pada dasarnya ada prinsip-prinsip dari manajemen brand, yaitu:
- Brand awareness. Yaitu sejauh mana target konsumen mengenal brand tertentu.
- Brand equity. Mengacu pada konsumen menilai brand berdasarkan pengalaman.
- Brand loyalty. Dilihat dari perilaku konsisten konsumen dalam membeli produk.
- Brand recognition. Dilihat dari bagaimana konsumen dapat mengenali brand hanya dari faktor visual tersirat yang merepresentasikannya.
- Brand reputation. Merujuk pada persepsi konsumen terhadap kualitas suatu brand.
Setelah membentuk brand dan menjalankan bisnis, mempertahankan bisnis tersebut disebut dengan manajemen brand. Beberapa cara yang dapat dilakukan dalam mempertahankan bisnis antara lain:
- Mengetahui posisi dan nilai brand dengan meyakinkan konsumen tentang keunggulan produk dibandingkan dengan kompetitor.
- Merencanakan pemasaran brand dengan menentukan faktor visual yang menarik bagi konsumen sehingga bisa menjadi keunikan.
- Mengukur performa brand dengan menganalisis keuangan sehingga dapat mempertimbangkan perluasan bisnis.
- Mempertahankan ekuitas brand dengan mempertimbangkan segmen pasar sehingga dapat memastikan keberhasilan program pemasaran dan branding bisnis.
Strategi-strategi tersebut semoga dapat membantu Insan Cita dalam mengembangkan dan mempertahankan bisnis yang sedang dijalankan!