Kunjungi UICI, Plt. Dirjen Perikanan Tangkap KKP Ungkap Pentingnya Digitalisasi Sektor Perikanan

Berita

Muhtar

Plt. Dirjen Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan Perikanan (KKP) Dr. Agus Suherman, S.Pi, M.Si melakukan kunjungan ke Universitas Insan Cita Indonesia (UICI) pada Jumat (15/12/2023).

Agus diterima langsung oleh Rektor UICI Prof. Laode Masihu Kamaluddin dan Wakil Rektor bidang Administrasi, Keuangan, SDI dan Kerjasama Lely Pelitasari Soebekty.

Dalam keterangannya, Agus mengatakan kunjungannya itu dalam rangka silaturrahmi dan diskusi tentang dunia pendidikan dan digitalisasi.

Ia mengatakan saat ini, digitalisasi telah merambah berbagai sektor, tak terkecuali dunia perikanan. Menurut Agus, hal itu penting dilakukan dalam rangka efisiensi dan efektifitas.

“Salah satu poin yang kami gunakan adalah elektroinik penangkapan ikan terukur. Hal ini sudah sangat familiar di masyarakat, nelayan khususnya,” jelasnya.

Terkait dengan digitalisasi di sektor perikanan ini, Agus mengatakan Indonesia saat ini membutuhkan sumber daya manusia yang banyak dan andal mengingat luasnya wilayah pesisir dan perairan Indonesia.

Dalam hal ini, menurut Agus, UICI memiliki peran yang besar untuk turut terlibat dalam pengembangan digitalisasi di dunia perikanan.

“Saya kira UICI terdepan ya dalam pengembangan teknologi digital sebagai kampus yang menjalankan perkuliahan dengan pendekatan digital,” tambahnya. (*)

share :