Meneladani Fahmi Idris, Pencari Ilmu hingga Akhir Hayat

Berita

Muhtar

Wafatnya Prof. Fahmi Idris meninggalkan duka yang mendalam, tidak hanya bagi keluarga, tetapi juga bagi banyak orang. Hal itu tidak lepas dari warisan positif yang ditinggalkan almarhum sepanjang hidupnya.

Ketua Majelis Pendidikan Tinggi Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Prof. Siti Zuhro menyebut almarhum sebagai pribadi dengan pengalaman yang lengkap. Selain sebagai politisi yang andal, almarhum dikenal sebagai pengusaha besar dan pencari ilmu yang gigih.

“Beliau tak jera untuk terus belajar. Cari ilmu sepanjang hayat. Almarhum tidak segan memberikan sumbangsih gagasan, ide, bahkan sumbangsih dalam pendanaan. Komitmennya tak lekang oleh waktu,” kata Siti Zuhro dalam acara tahlil dan doa bersama yang diselenggarakan oleh Universitas Insan Cita Indonesia (UICI) pada Senin (23/05/2022).

Semangat almarhum untuk mencari ilmu itu ditegaskan oleh Koordinator Presidium KAHMI Ahmad Doli Kurnia. Ia menceritakan pengalamannya saat menghadiri penganugerahan gelar profesor kehormatan di Universitas Negeri Padang.

“Sekalipun umur sudah cukup senior, kesehatan sudah mulai terganggu, tetapi semangat untuk belajar tidak pernah surut. Jadi komitmen terus-menerus menimba ilmu ini saya kira tidak banyak kita dapatkan dari senior-senior yang lain,” ungkap Doli.

Pendidikan memang menjadi perhatian khusus Fahmi Idris. Ia selalu berpesan kepada anak-anaknya untuk menggapai pendidikan setinggi-tingginya.

“Dan itu juga berlaku untuk keluarga kami, bahwa anak, cucu, menantu, pesan beliau itu harus meraih atau menggapai pendidikan setinggi-tingginya. Kalau untuk pendidikan beliau akan sangat support,” ungkap Fahira Idris, anak dari Fahmi Idris.

Fahira mengungkapkan, setelah divonis kanker pada 2014, almarhum masih mampu menuntaskan dua gelar doktor, yakni doktor bidang Manajemen Sumber Daya Manusia dan Filsafat di Universitas Indonesia.

Bahkan, pada April 2022 yang lalu, almarhum mendapat gelar profesor kehormatan dari Universitas Negeri Padang. (*)

share :