“Mengenal 5 virus, Kisah Fenomenal Malware dalam Sejarah Komputer”

Artikel

Nesa Azra

Bagi pengguna komputer Windows pasti pernah menghadapi tipe program yang sangat menjengkelkan ini, yaitu virus. 8
Betul virus sangat menjengkelkan karena sifatnya yang merusak, dokumen-dokumen kerja yang sudah dipersiapkan susah payah pun bisa hilang dalam sekejap

Dikutip dari Elang Alfarez, Berikut ini kita akan membahas beberapa virus fenomenal:

1. BRAIN (1986)

Pembuat virus pertama bukan berasal dari Amerika, namun justru dari Pakistan. Basit dan Amjad Farooq Alvi adalah seorang programmer yang kesal karena produknya sering dibajak.

Lalu mereka menciptakan program yang seharusnya bisa mencari dan merusak program bajakan, namun hasilnya ternyata Brain mampu merusak program sekaligus menduplikatkan dirinya di komputer user.

Brain bekerja dengan mengubah sektor boot dari disket. Ketika sebuah disket yang terinfeksi dimasukkan ke komputer, Brain menginstal dirinya di memori komputer.

kemudian dia akan menginfeksi dirinya ke disket baru. Dan ternyata tidak sulit mencari siapa pembuat Brain karena duo Pakistan tersebut menulis nama dan alamat mereka pada program bertujuan untuk menawarkan jasa membersihkan komputer dari virus buatan mereka sendiri.

2. CHRISTMAS TREE (1987)

Sebuah keisengan yang berbuah bencana, Pohon Natal Exec adalah sebuah script yang berjalan di bawah bahasa REXX dan melakukan dua hal sederhana: menggambar pohon Natal, menggunakan teks untuk grafis, dan kemudian mengirimkan salinan dirinya ke semua orang dalam daftar kontak email target.

Awalnya muncul pada EARN, Jaringan Penelitian Akademik Eropa, dan menyebar dengan cepat ke US Equivalent Bitnet.

Infeksi lalu melompat ke IBM internal Vnet, program ini mengambil keuntungan dari kebiasaan IBM memiliki buku alamat yang besar.

Virus ini bertahan selama enam hari di Bitnet dan hanya empat hari diVnet, di mana ia akhirnya dihapus dengan jalan menutup seluruh jaringan

3. MORRIS WORM (1988)

Malware pertama yang akan disebarkan secara luas melalui internet, Morris Worm atau Great Worm menyerang sekitar 6.000 dari 60.000 komputer di internet pada tahun 1988.

Robert Morris seorang mahasiswa di Cornell University, menyatakan bahwa Worm-nya itu tidak berbahaya, tetapi dirancang untuk mengukur ukuran internet.

Mengambil pandangan yang berbeda, karena Worm ini memanfaatkan celah keamanan di Batch Unix untuk melancarkan serangan secara diam-diam.

Hal ini tentu tidak diinginkan, karena jauh lebih agresif untuk membuat salinan dari dirinya sendiri daripada seharusnya.  Sering menginfeksi mesin beberapa kali, menjadikan komputer target serangan denial-of-service yang kuat.

Morris menjadi orang pertama yang dihukum di bawah 1986 US Computer Fraud and Abuse Act (Undang-undang penyalahgunaan Komputer), dan insiden itu menyebabkan pembentukan Computer Emergency Response Team Coordination Center, CERT/CC.

4.MELISSA (1999)

Pertama muncul di dokumen yang diposting ke newsgroup Usenet alt.sex, Melissa menjanjikan akan memberikan 80 password situs porno, namun alih-alih memberikan password, program ini malah akan menggandakan dirinya ke 50 orang daftar teman yang ada di komputer.

Virus ini membuat banyak sekali email sampah sampai-sampai administrator komputer perlu mematikan sementara jaringan internet mereka.

5. ILOVEYOU (2000)

Worm ILOVEYOU menyebar sangat cepat dengan memanfaatkan celah di Windows. Worm yang juga dijuluki Love Bug ini mengakibatkan kerugian hingga $5–10 milliar.

Karya dua mahasiswa Filipina ini menggunakan Microsoft Visual Basic Scripting, dan bekerja dengan menyerang daftar alamat di Outlook, dan sekaligus merubah registri Windows.

Menurut US Army worm ILOVEYOU menyebar 15 kali lebih cepat dari Melissa.

Setidaknya menginfeksi 50 juta komputer di seluruh dunia. Sampai-sampai beberapa organisasi besar mematikan jaringan internetnya.

share :