Mengenal Cloud computing dan Manfaatnya

Artikel

Nesa Azra

Apa itu cloud computing?

Secara sederhana, cloud computing  adalah pengiriman berbagai layanan komputasi, seperti server, perangkat lunak, penyimpanan data, database, jaringan, dan analitik melalui internet, tanpa harus mengeluarkan biaya yang lebih tinggi untuk hardware, software, maupun untuk pemeliharaan sistem.

Cloud computing berbeda dengan server konvensional, karena perusahaan harus mengeluarkan banyak uang untuk membeli server, router, dan mempekerjakan karyawan untuk menjaga infrastruktur dan penyimpanan.

Beberapa contoh jenis layanan cloud computing adalah:

1. Public cloud – Penggunaan jenis cloud computing yang ditujukan murni untuk umum.

2. Private cloud – Layanan ini menyediakan pengelolaan dan pengoperasian infrastruktur hanya untuk klien tertentu yang biasanya berskala besar dan memiliki dana untuk punya cloud sendiri.

3. Community cloud – Dipakai secara bersama-sama oleh sejumlah organisasi yang punya kepentingan yang sama dan kebutuhan tingkat keamanan yang sama.

4. Hybrid cloud – Meskipun secara entitas berdiri sendiri, hybrid cloud menggunakan teknologi yang memungkinkan portabilitas data dan terhubungnya aplikasi antar-cloud.

Berikut Manfaat Mengadaptasi cloud computing :

1. Penyimpanan tak terbatas

Cloud computing memungkinkan perusahaan untuk dengan mudah menyesuaikan kapasitas komputasi dan penyimpanan sesuai dengan kebutuhan mereka.
Mereka dapat dengan cepat meningkatkan atau mengurangi sumber daya yang digunakan sehingga memberikan fleksibilitas yang tinggi dan memungkinkan perusahaan untuk mengatasi lonjakan lalu lintas atau permintaan yang tidak terduga.

2.keamanan data

keamanan data yang relatif lebih terjamin karena masalah keamanan sudah diantisipasi oleh cloud hosting. Pengguna sistem ini tidak lagi perlu khawatir tentang menyimpan semua informasi perusahaan mereka di tempat yang mudah diakses.

3. Efisiensi Biaya

Penggunaan dapat mengurangi biaya infrastruktur IT karena perusahaan tidak perlu lagi menginvestasikan sumber daya untuk membangun dan memelihara pusat data internal yang mahal.

Dengan menggunakan model pembayaran berbasis pemakaian atau langganan, perusahaan hanya membayar untuk sumber daya yang digunakan, menghindari pemborosan sumber daya yang tidak digunakan.

4. Kemudahan kolaborasi

Kolaborasi sangat penting bagi perusahaan yang memiliki banyak karyawan. Karena setiap anggota tim dapat melihat dan berbagi data di seluruh platform yang berbasis cloud oleh sebab itu kolaborasi dengan sistem komputasi berbasis cloud menjadi mudah. Selain itu, sistemnya yang lebih cepat dan canggih memungkinkan setiap anggota tim memindahkan data ke cloud tanpa repot.

share :