Mengenal Program Studi Bisnis Digital dan Prospek Kerjanya

Artikel

Nesa Azra

Program studi bisnis digital masih tergolong bidang baru di indonesia. Program studi Bisnis Digital adalah suatu program studi yang dirancang khusus untuk mempersiapkan mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan dalam mengelola bisnis di era digital.

Tidak hanya memberikan pemahaman yang kuat tentang teknologi dan strategi bisnis, tetapi juga membuka peluang karier yang luas di berbagai industri

Kuliah Bisnis Digital belajar apa?

Pastinya mahasiswa akan mempelajari kecerdasan buatan (AI), start-up serta beberapa mata kuliah terkait pemanfaatan teknologi digital untuk mengembangkan bisnis dan mencapai tujuan yang efektif.

Berikut adalah gambaran singkat tentang mata pelajaran yang mungkin diajarkan dalam program studi Bisnis Digital:

  • E-commerce

Memahami konsep dan praktik e-commerce, termasuk manajemen platform e-commerce, strategi penjualan online, dan integrasi teknologi pembayaran digital.

  • Pemasaran Digital

Belajar tentang pemasaran melalui media sosial, optimisasi mesin pencari (SEO), iklan digital, analisis kampanye, dan pembuatan konten digital.

  •  Analisis Data Bisnis

Menggunakan keterampilan analisis data untuk menginterpretasikan dan menerapkan informasi yang diperoleh dari data bisnis, membantu pengambilan keputusan yang lebih baik.

  • Manajemen Proyek Teknologi

Memahami konsep manajemen proyek khususnya dalam konteks teknologi digital, melibatkan perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan proyek.

  •  Strategi Bisnis Digital

Mempelajari cara mengembangkan strategi bisnis yang efektif dalam menghadapi tantangan dan peluang di dunia digital. Ini mencakup pemahaman pasar, posisi pesaing, dan kebutuhan pelanggan.

  • Keamanan Digital

Mengetahui cara melindungi informasi dan transaksi bisnis dari ancaman keamanan digital. Ini mencakup keamanan data, keamanan transaksi online, dan praktik cybersecurity.

  •  Inovasi dan Transformasi Digital

Memahami peran inovasi dalam menghadapi perubahan teknologi, serta bagaimana mengelola proses transformasi digital di dalam organisasi.

  •  Etika Bisnis Digital

Menyelidiki aspek etika yang berkaitan dengan penggunaan teknologi digital dalam bisnis, termasuk privasi pelanggan dan tanggung jawab sosial perusahaan.

Program studi Bisnis Digital membekali mahasiswa dengan keterampilan yang sangat dicari di pasar kerja yang terus berubah. Para lulusan diharapkan dapat membawa nilai tambah bagi perusahaan dengan menggabungkan pemahaman bisnis tradisional dengan penguasaan teknologi digital.

Berikut adalah prospek kerja dari lulusan bisnis digital:

1. Transformasi digital
2. Analis data besar
3. Ilmuwan data
4. Insinyur data
5. Konsultan bisnis
6. Peneliti pasar
7. Perancang aplikasi (UI/UX)
8. Peneliti teknologi bisnis digital
9. Analisis bisnis digital
10. Spesialis pemasaran digital
11. Konsultan bisnis digital
12. Analis fintech
13. Technopreneur
14. Industri keuangan & perbankan
15. Bisnis startup
16. Pengusaha bisnis digital

YUK, DAFTAR JADI MAHASISWA PROGRAM STUDI BISNIS DIGITAL UICI!!
Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) untuk Prodi Bisnis Digital masih dibuka hingga 29 Desember 2023.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai PMB UICI, anda bisa menghubungi Customer Service PMB di nomor WhatsApp 081 1120 1230 atau mengakses laman pmb.uici.ac.id

share :