Mengenal Rasuna Said, Pahlawan yang Ilustrasi Wajahnya Ada di Google Doodle Hari Ini

Artikel

Kanyaka Anindita

foto: google.com

Hari ini, Selasa (13/9/2022), Google Doodle memasang ilustrasi wajah Hajjah Rangkayo Rasuna Said di halaman depan pencariannya dalam rangka ulang tahun Rasuna Said yang ke-112. Nama Rasuna Said tentu sudah tidak asing lagi karena kerap terdengar sebagai nama jalan di Jakarta. Tapi siapa Rasuna Said itu? Mari mengenalnya!

Dikutip dari Republika, Hajjah Rangkayo Rasuna Said atau Rasuna Said merupakan pahlawan yang bergerak atas isu-isu perempuan. Ia lahir di dekat Danau Maninjau, Sumatera Barat, 14 September 1910. Ia memiliki pemikiran yang kritis dan memotivasi banyak perempuan untuk memiliki mimpi.

Di tahun 1926, Rasuna bergabung dengan Sarikat Rakyat atau Gerakan Rakyat. Lalu pada 1930, ia bergabung dengan Gerakan Islam untuk menyelenggarakan Persatuan Muslim Indonesia (PERMI) yang kritis terhadap kolonialisme Belanda dan isu perempuan. Tahun 1931, Rasuna membuka divisi perempuan di PERMI untuk membuka sekolah sastra untuk perempuan di Sumatera Barat.

Selain Sarekat Rakyat dan PERMI, Rasuna juga merupakan anggota Soematra Thawalib, pengajar di sekolah-sekolah PERMI, pendiri Sekolah Thawalib di Padang, pemimpin Kursus Putri dan Normal Kursus di Bukittinggi, dan pemimpin Redaksi Majalah RAYA tahun 1935.

Perjuangan Rasuna dalam menegakkan keadilan bukanlah hal yang mudah. Dilansir dari detik.com, ia pernah di penjara karena pidatonya yang mengecam Belanda. Karena itu, ia menjadi wanita pertama yang terkena hukum Speek Delict dan dipenjara pada tahun 1932 di Semarang.

Rasuna Said meninggal pada tanggal 2 November 1965 di Jakarta karena kanker darah dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan. Namanya kemudian diresmikan menjadi nama jalan di Jakarta dengan nama Jalan HR Rasuna Said. Di jalan itu pula, Gedung Rektorat Universitas Insan Cita Indonesia (UICI) berada.

share :