Mengenal Sejarah Cloud Computing

Artikel

Muhtar

Meski baru muncul pada tahun 2000-an, sejarah Cloud Computing sebagai bagian dari kemajuan telah teknologi telah ada sejak tahun 1960-an.

Ide tentang teknologi awan ini lahir pada 1960. Ialah pakar komputasi dan kecerdasan buatan dari MIT bernama John McCarthy.

Ia mengemukakan visi yang menarik, bahwa suatu hari nanti, komputasi akan menjadi infrastruktur untuk utilitas umum.

Ide ini terus bergulir hingga kemudian Marc Benioff, mantan Wakil Presiden Oracle, mengumumkan aplikasi CRM dan model layanan bernama Software as a Service (SaaS) dengan platform salesforce.com.

Mengutip dari Trennow,  Cloud Computing atau komputasi awan semakin dikenal seiring dengan massifnya perkembangan teknologi informasi. Istilah ini umumnya menggambarkan pusat data yang tersedia bagi banyak pengguna melalui Internet.

Dalam Bahasa Indonesia, cloud computing merujuk pada seperangkat teknologi komputer yang memiliki fungsi untuk meningkatkan infrastruktur berbasis internet.

Istilah “komputasi” di sini mengacu pada penggunaan teknologi komputer, sementara “cloud” atau “awan” adalah metafora dari pengembangan infrastruktur berbasis internet.


Fase-Fase Sejarah Cloud Computing

Ide tentang komputasi awan telah muncul di tahun 1960-an. Meski demikian realisasi ide tersebut baru muncul pada tahun 2000-an.

Berikut ini fase-fase dalam sejarah kelahiran cloud computing yang dilansir dari Binus University:

Tahun 1960

John McCarthy, Pakar Komputasi dan kecerdasan buatan dari MIT berkata “Suatu hari nanti, komputasi akan menjadi Infrastruktur untuk utilitas umum.”

Ini adalah sebuah ide yang mengawali suatu bentuk komputasi yang kita kenal dengan istilah Komputasi awan.

Tahun 1995

Pada tahun 1995 lewat Larry Ellison sang pendiri Oracle menemukan ide yang diberinama Network Computing.

Larry Ellison mengatakan bahwa aplikasi seharusnya tidak dipasang dalam sebuah komputer personal, sudah seharusnya konsep tersebut digantikan dengan penggunaan sebuah terminal berupa komputer server.

Tahun 2000

Konsep-konsep dan ide cloud computing memang sudah ada sejak lama, namun cloud computing benar-benar lahir pada tahun 2000-an dimana pada saat itu Marc Beniof mantan Vice President Oracle mengumumkan aplikasi CRM dan bentuk SaaS (Software as a service) yang dinamakan salesforce.com.

Lalu pada tahun 2005 mulai banyak bermunculan fasilitas nya seperti yang digunakan Amazon.com dengan Amazon EC2-nya, Google App Engine dari Google, dan Blue Cloud Initiative besutan IBM.

Tahun 2005 – Sekarang

Semakin meningkat popularitasnya, dari mulai penerapan sistem, dll. Amazon dengan EC2 (Elastic Computer Cloud); Google dengan Google App. Engine; IBM dengan Blue Cord Initiative; dsb.

Perhelatan cloud computing meroket sebagaimana berjalannya waktu. Sekarang, sudah banyak sekali pemakaian sistem komputasi awan, ditambah lagi dengan sudah meningkatnya kualitas Internet dan beragamnya gadget yang lebih canggih. Contoh dari pengaplikasianya adalah Dropbox, Google Drive, YouTube, Google Docs, Evernote, dll

share :