Mengenang Viryan Aziz, Sosok Pekerja Keras dan Penuh Tanggung Jawab

Berita

Muhtar

Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari menyampaikan kesan yang mendalam akan sosok almarhum Viryan Aziz yang banyak memberikan kontribusi bagi perkembangan demokrasi di Indonesia.

Hasyim menyebut almarhum Viryan sebagai sosok pekerja keras dan selalu bekerja tuntas. Selain itu, almarhum juga merupakan tipe orang yang berpikir out of the box dalam penyelenggaraan pemilu.

“Semoga apa yang dikerjakan mas Viryan, menjadi amal saleh, amal jariyah selama ini,” ucap Hasyim dalam acara tahlil dan doa bersama yang diselenggarakan oleh Universitas Insan Cita Indonesia (UICI) pada Senin (23/05/2022).

Tipikal pekerja keras juga disampaikan oleh istri almarhum, Dina Diana Andrini. Ia menuturkan bahwa almarhum adalah orang yang gila kerja.

“Mungkin dia gila kerja karena mungkin dia tahu kali waktunya tinggal sebentar. Kadang seolah-olah kalau dia bisa kerja 24 jam, ya kerja 24 jam. Dia seperti tidak memikirkan dirinya sendiri, sibuk memikirkan orang lain,” kata Dina.

Sementara itu, Koordinator Presidium Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Ahmad Doli Kurnia mengenang almarhum Viryan Aziz sebagai sosok yang mempunyai komitmen tinggi dan penuh tanggung jawab.

Hal itu terlihat sekali saat almarhum menjalani masa-masa akhir periode sebagai anggota KPU RI periode 2017-2022. Meskipun tidak terpilih lagi sebagai anggota KPU di periode mendatang, almarhum tetap menjalankan tugasnya dengan tuntas.

“Dengan masa jabatan yang masih empat bulan lagi sebelum mengakhiri, tapi almarhum tetap menjalankan tugas, tidak sedikitpun rasa untuk meninggalkan tanggung jawab sekalipun almarhum tidak terpilih lagi,” tutur Doli.

Doli juga mengungkapkan komitmen almarhum Viryan Aziz di dalam keluarga besar HMI dan KAHMI. Almarhum menginisiasi berdirinya perpustakaan Lafran Pane dan menghimpun pendanaan melalui komunitas Yakusa untuk memberikan beasiswa kepada 20 mahasiswa UICI.

Hal tersebut juga disampaikan oleh Ketua Majelis Pendidikan Tinggi KAHMI Prof. Siti Zuhro. Ia mengatakan almarhum adalah sosok yang penuh dedikasi untuk kemanfaatan HMI dan KAHMI.

“Mas Viryan cukup aktif melakukan koordinasi dan konsolidasi untuk kemanfaatan KAHMI, untuk kemanfaatan HMI,” kata Siti Zuhro.

“Tidak hanya untuk HMI dan KAHMI saja, Mas Viryan juga punya perspektif yang jauh lagi besar, yang visioner, untuk kemajuan bangsa,” lanjutnya. (*)

share :