MoU Pemkab Buton dengan UICI untuk RTC dan Pemenuhan SDM dengan Talenta Digital

Berita

Muhtar

Universitas Insan Cita Indonesia (UICI) melaksanakan MoU dengan Pemerintah Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, tentang RTC dan Pemenuhan SDM dengan Talenta Digital, di Gedung Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Jumat (17/12/2021).

Pemerintah Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, dan Universitas Insan Cita Indonesia (UICI) menandatangani nota kesepahaman (memorandum of understanding/ MoU) tentang kerja sama Recruitment and Training Center (RTC) dan Pemenuhan SDM dengan Talenta Digital.

Penandatangan MoU tersebut dilakukan oleh Bupati Buton La Bakri dan Rektor UICI Prof. Laode Masihu Kamaludin di Gedung Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Jumat (17/12/2021).

Dalam Mou tersebut dijelaskan ruang lingkup RTC adalah penyiapan sarana dan prasarana olahraga; penyiapan SDM dengan talenta digital; rekrutmen atlet olahraga; pelatihan atlet pada cabang olahraga terpilih; dan kompetisi di ajang daerah, nasional, dan internasional.

Penandatanganan MoU oleh Rektor UICI Prof. Dr. Laode Masihu Kamaludin dan Bupati Buton La Bakri, disaksikan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali dan Wakil Rektor III UICI Prof. Achmad Syahid.

Bentuk kegiatan dalam RTC itu adalah pembangunan gedung sarana dan prasarana olahraga; pengadaan peralatan cabang olahraga; penyiapan dan pelatihan SDM dengan talenta digital; melakukan seleksi dan rekrutmen atlit olahraga; pelatihan atlet pada cabang olahraga terpilih; dan pengiriman atlet untuk mengikuti berbagai ajang kompetisi daerah, nasional, dan internasional.

Sementara untuk MoU pemenuhan SDM dengan talenta digital meliputi pendidikan SDM untuk digital talenta dan leadership; model pendataan dan pemetaan atlet olahraga sejak sekolah dasar (SD) hingga pergururan tinggi (PT); dan supervisi dan pelacakan perkembangan atlet dengan menggunakan big data, artificial intelligence (AI) dan digital.

MoU ini dlakukan dalam rangka menghadapi Pekan Olahraga Daerah (Porda) Sulawesi Tenggara tahun 2022, Pekan Olahraga Nasional (PON), dan persiapan kompetisi untuk tingkat internasional. (*)

share :

Newsletter

Signup our newsletter to get update information, news or insight for free.