Olahraga yang Bermanfaat untuk Redakan Stres

Artikel

Kanyaka Anindita

foto: freepik.com

Setelah melakukan rutinitas, tubuh dan pikiran akan terasa lelah. Seringkali kita merasa burnout, stress, dan tidak bersemangat. Olahraga menjadi cara untuk mengatasi hal tersebut. Tidak perlu olahraga berat, olahraga sederhana yang di lakukan di rumah atau sekitar rumah bisa meredakan perasaan lelah, lho.

Olahraga juga tidak perlu dilakukan terlalu lama dan bisa dilakukan bersama orang-orang terdekat agar semakin asyik. Dilansir dari kompas.com dan Hello Sehat, berikut olahraga yang bisa dicoba:

1. Meditasi dan jalan kaki

Meditasi dapat dilakukan selama 30 menit. Setelah itu 30 menit lagi untuk berjalan kaki.

Berjalan kaki dapat dilakukan dengan jalan cepat atau jalan santai. Berjalan kaki di alam terbuka bisa melepaskan ketegangan otot, menyegarkan mata, menegangkan sistem saraf, dan melatih pernapasan.

Melakukan meditasi dan jalan kaki secara berurutan dapat mengurangi depresi dan pemikiran ruminatif.

2. Menari

Untuk menghilangkan stress, menari bisa jadi alternatif olahraga yang simple. Dengan musik yang upbeat dapat menurunkan stres dan depresi juga meningkatkan semangat.

Menari bisa membuat otot menegang dan meningkatkan detak jantung. Manfaat lainnya yaitu meningkatkan fokus agar bisa menari sesuai dengan ritme musik. Hal itu akan mengalihkan pikiran dari rasa stres.

3. Yoga

Yoga dapat mengurangi ketegangan otot. Pernapasan akan dilatih sehingga tubuh akan rileks dan mengurangi stres.

Berlatih yoga secara rutin dapat meningkatkan energi, kebahagiaan, hubungan sosial, dan kualitas tidur berkaitan dengan stres dan depresi.

Yoga bisa dilakukan di rumah dengan panduan video yang banyak beredar di internet.

4. Tai chi

Tai chi biasa dilakukan di ruang terbuka dengan suasana tenang. Olahraga bela diri asal Tiongkok ini dilakukan dengan mengandalkan gerakan tubuh dan fokus untuk bisa meningkatkan konsentrasi dan pernapasan.

Tai chi dengan tidur yang cukup dapat meringankan gejala stres, depresi, hingga gangguan kecemasan.

5. Olahraga rekreasi

Olahraga rekreasi contohnya adalah badminton, tenis, bowling, dan sebagainya. Berolahraga seperti ini bersama orang terdekat bertujuan untuk menimbulkan rasa gembira dan membangun hubungan dengan orang lain.

Konsep cetak nilai yang dimainkan akan memicu rasa puas dan bangga sehingga bisa mengurangi stres. Olahraga rekreasi yang memerlukan gerak tubuh dan konsentrasi dapat menyehatkan jantung dan menjaga tekanan darah normal.

Dikutip dari Everyday Health via Hello Sehat, Frank Lupin, MS, pelatih atlet berlisensi dari Coordinated Health menyatakan bahwa aktivitas fisik memicu produksi hormon endorfin untuk melawan stres sehingga olahraga bisa membebaskan pikiran dari berbagai masalah.

Otot yang bekerja dengan aktif bisa melancarkan peredaran darah ditambah dengan latihan pernapasan sebelum dan sesudah berolahraga berguna untuk merelaksasi tubuh.

 

share :

Newsletter

Signup our newsletter to get update information, news or insight for free.