Peningkatan Perekonomian Indonesia Lewat Fashion Muslim

Artikel

Kanyaka Anindita

Indonesia disebut-sebut menjadi salah satu kiblat dalam industri fashion muslim. Koleksi dari beberapa perancang asal Indonesia telah dikenal hingga luar negeri. Hal ini kemudian menjadi faktor dalam peningkatan perekonomian Indonesia.

Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan menyebutkan peningkatan pada perekonomian Indonesia yang dipengaruhi oleh ekspor fashion muslim. Peningkatan terjadi sebesar 39,86 persen dari semula 2,04 miliar dolar AS pada tahun 2021 menjadi 2,8 miliar dolar AS pada tahun 2022.

““Walaupun naik, tapi masih kecil. Kita berada pada posisi ke-13 eksportir pakaian muslim dunia, kita punya share sekitar 1,86 persen, kecil sekali,” ungkapnya dikutip dari antaranews.com.

Zulkifli juga menyebut untuk melancarkan ekspor, Indonesia telah bekerjasama dengan beberapa negara seperti Afrika, Pakistan, hingga Uni Emirat Arab (UEA). Ini merupakan langkah agar industri busana muslim Indonesia semakin mendunia.

Sejalan dengan itu, melansir dari republika.co.id, Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Yuana Rochma menyebut produk rilisan brand lokal Indonesia banyak diikuti. Hal ini menandakan kepopuleran produk tersebut di pasaran.

Adapun tren yang bisa dikembangkan oleh industri fashion muslim adalah dengan memanfaatkan kain-kain khas Indonesia. Selain untuk menciptakan tren, ini juga menjadi cara untuk memperkenalkan kebudayaan.

Dalam mempertahankan produk di dalam negeri sekaligus melebarkan sayap ke pasar internasional, terlebih setelah masa pandemi, pemasaran secara digital dengan gencar dilakukan oleh pelaku usaha.

Selain dengan memanfaatkan digitalisasi, ajang pameran juga perlu dilakukan guna memperlihatkan produk fashion muslim Indonesia. Salah satu bentuk pameran tersebut adalah Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) yang akan dilaksanakan pada bulan Oktober mendatang. Tidak hanya pameran lokal, namun partisipasi perancang busana muslim Indonesia di pameran internasional juga dinantikan.

share :