Pentingnya Jaga Kesehatan Mental di Hari Kesehatan Mental Sedunia

Artikel

Kanyaka Anindita

Foto: freepik

World Federation of Mental Health (WFMH) menetapkan 10 Oktober sebagai Hari Mental Sedunia yang telah diperingati setiap tahunnya. Tahun ini WFMH mengusung tema ‘Make Mental Health & Well Being for All a Global Priority’. Maknanya adalah kesejahteraan setiap orang yang terkena gangguan mental bukan hanya tanggung jawab pemerintah tetapi setiap orang dituntut untuk peduli dengan kesehatan mental.

Kesehatan mental tentu merupakan isu yang penting dan perlu menjadi perhatian. Pasalnya, menurut WFMH Global, 75 persen warga di negara-negara dengan penghasilan tinggi mengalami depresi dan tidak ditangani dengan semestinya. Sedangkan di negara-negara dengan penghasilan menengah dan rendah, pengidap gangguan mental juga tidak mendapatkan pengobatan.

Terlebih di masa pandemi COVID-19, World Health Organization (WHO) menyatakan adanya krisis global untuk kesehatan mental. Bahkan krisis tersebut dikatakan oleh Sekretaris Jenderal Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) akan terus bertahan melebihi pandemi itu sendiri.

Sejak Hari Kesehatan Mental Sedunia ditetapkan pada tahun 1992, WFMH memiliki tekad untuk menyelesaikan krisis kesehatan mental secara mendunia. Tujuan dari adanya hari penting ini adalah untuk mensosialisasikan tentang pentingnya menjaga kesehatan mental kepada warga dunia. 

Menjaga kesehatan mental bermanfaat untuk seseorang dapat menjalankan kehidupan sehari-harinya dengan lebih ringan dan bahagia. Dilansir dari Kompas, beberapa manfaat menjaga kesehatan mental yaitu:

  • Lebih kuat untuk mengatasi tantangan
  • Citra diri positif
  • Memiliki hubungan yang sehat
  • Lebih produktif
  • Kualitas hidup lebih tinggi
  • Lebih sehat jasmani

Mengutip dari Halodoc, beberapa cara sederhana  yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mental antara lain:

  • Menghabiskan waktu bersama teman, orang yang dicintai dan orang yang kamu percayai.
  • Bicarakan atau ungkapkan perasaan secara teratur.
  • Kurangi konsumsi alkohol.
  • Hindari penggunaan narkoba.
  • Tetap aktif dan makan dengan baik.
  • Kembangkan keterampilan baru dan kemampuan yang sudah dimiliki.
  • Sering bersantai dan nikmati hobi.
  • Tetapkan tujuan yang realistis.
  • Luangkan waktu.
  • Dapatkan bantuan profesional jika membutuhkannya.
  • Dapatkan waktu tidur yang cukup.

share :

Newsletter

Signup our newsletter to get update information, news or insight for free.