Perkembangan AI Makin Pesat, Jenis Pekerjaan Ini Terancam

Artikel

Muhtar

Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan telah mengalami kemajuan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

Mengutip kompas.com, AI adalah kemampuan komputer atau robot yang dikendalikan oleh komputer untuk melakukan tugas-tugas yang biasanya dilakukan oleh manusia dengan kecerdasannya. 

Dengan kemampuan AI yang semakin canggih, beberapa jenis pekerjaan diperkirakan akan digantikan oleh teknologi ini.

Meskipun AI memang mampu memberikan efisiensi dalam proses bisnis, tetapi dampaknya terhadap dunia kerja memang cukup signifikan.

Berikut adalah beberapa pekerjaan yang diperkirakan akan digantikan oleh AI:

1. Pekerjaan administratif dan klerikal

Pekerjaan yang melibatkan tugas-tugas administratif dan klerikal seperti pengarsipan, pengolahan data, dan entri data akan menjadi salah satu pekerjaan yang akan digantikan oleh AI.

AI dapat memproses informasi dengan lebih cepat dan akurat daripada manusia, sehingga mengurangi kemungkinan kesalahan dan menghemat waktu.

2. Pekerjaan di sektor produksi

AI akan menggantikan beberapa pekerjaan yang terkait dengan produksi seperti pengemasan, pemrosesan dan perakitan mesin, serta pengawasan kualitas.

Pekerjaan-pekerjaan tersebut memerlukan kemampuan untuk memproses informasi secara konsisten dan akurat, dan AI dapat melakukannya dengan lebih cepat dan akurat.

3. Pekerjaan di bidang keuangan dan akuntansi

Beberapa pekerjaan di bidang keuangan dan akuntansi seperti pengelolaan kas, audit dan pemrosesan pembayaran akan digantikan oleh AI.

AI mampu memproses informasi dengan lebih cepat dan efisien, serta dapat membuat prediksi dan analisis pasar dengan lebih akurat.

4. Pekerjaan di bidang transportasi dan logistik

Pekerjaan seperti pengemudi truk, pengiriman paket dan koordinator logistik diperkirakan akan digantikan oleh AI dalam waktu dekat. AI dapat mengoptimalkan rute pengiriman dan mengurangi biaya operasional.

5. Pekerjaan di bidang penjualan dan pelayanan pelanggan

Pekerjaan di bidang penjualan dan pelayanan pelanggan seperti pengiriman pesanan dan layanan pelanggan mungkin akan digantikan oleh AI.

AI dapat menyediakan solusi cepat dan akurat bagi pelanggan dan membantu perusahaan meningkatkan efisiensi operasional.

Melihat begitu pesatnya perkembangan AI, penting bagi masyarakat dan pemerintah untuk mempersiapkan diri dan memberikan pelatihan dan pendidikan kepada pekerja agar dapat menyesuaikan diri dengan teknologi baru. (*)

share :