Prof. Laode: Isu Ketahanan Pangan dan Pertanian Butuh Perhatian Serius dari Pemerintah

Berita

Muhtar

Rektor Universitas Insan Cita Indonesia (UICI), Prof. Laode Masihu Kamaluddin menekankan isu ketahanan pangan dan pertanian berkelanjutan membutuhkan perhatian serius dari pemerintah.

Hal tersebut disampaikan Prof. Laode dalam sebuah video pendek ucapan selamat ulang tahun ke-23 Masyarakat Petani dan Pertanian Organik Indonesia.

“Ketahanan pangan dan pertanian berkelanjutan adalah isu strategis yang tentu saja membutuhkan perhatian serius dari pemangku kebijakan kedepan. Karena dua hal ini menentukan bargaining sebuah negara,” ujar Prof. Laode.

Menurut Prof. Laode, saat ini tantangan pada isu pangan dan pertanian semakin kompleks.

Peningkatan jumlah penduduk, menyempitnya lahan, dan perubahan iklim menjadi beberapa faktor penting yang akan berdampak pada sektor pangan dan pertanian.

Salah satu jawaban dari tantangan tersebut adalah dengan menggerakkan pertanian organik. Maka dari itu, Prof. Laode berharap Maporina di usia yang ke-23, bisa menjadi inisiator dan lokomotif penggerak pertanian organik di Indonesia. 

Maporina akan menggelar acara HUT ke-23 dan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pada 17-18 Maret di Jakarta.

Prof. Laode mengharapkan Maporina dapat terus mendorong pertanian organik di Indonesia dan memberikan dukungan bagi para petani yang berupaya meningkatkan kualitas produksi pertanian organik.

“Saya berharap Maporina bisa menjadi inisiator dan lokomotif penggerak pertanian organik di Indonesia. Teruslah mendorong pertanian organik di Indonesia dan memberikan dukungan bagi para petani yang berupaya meningkatkan kualitas produksi pertanian organik,” ucapnya. (*)

share :