Prof. Taruna Ikrar Kawal Kurikulum Program Studi Psikologi UICI

Berita

Muhtar

Prof. Taruna Ikrar melakukan kunjungan ke Universitas Insan Cita Indonesia (UICI) pada Kamis (16/06/2022). Kunjungan tersebut dalam rangka mempersiapkan kurikulum program studi baru di UICI, Psikologi.

Taruna mengatakan dirinya sangat tertarik untuk terlibat dalam pembukaan Program Studi Psikologi. Platform digital yang dikembangkan oleh UICI adalah alasannya.

Ia mengatakan dengan platform digital ini, Program Studi Psikologi UICI akan sangat maju. Setidaknya ada dua alasan yang ia paparkan.

Yang pertama adalah efisiensi. Selama Pandemi COVID-19 yang melanda hampir seluruh dunia, interaksi dilakukan secara jarak jauh. Masyarakat saat ini pun terbiasa dengan kondisi seperti itu.

“Yang kedua adalah outputnya. Outputnya tentu akan lebih produktif, karena dia tidak tergantung pada tempat, tapi bisa di mana saja,” jelasnya.

Perlu diketahui bahwa Taruna merupakan salah satu tokoh yang membidani lahirnya Program Studi Psikologi di UICI.

Ia mengatakan bahwa arah dari Psikologi di UICI adalah Digital Neuro Psikologi. Menurutnya, program studi dengan core Neurosains sangat menantang dan mempunyai nilai-nilai yang sangat bagus di masa depan.

“Karena masa depan adalah aplikasi dari neurosains. Aplikasi dari neurosains itu terdiri dari bagaimana yang kita sebut aplikasi Neurosains dalam kehidupan sosial, bagaimana Neurosains dalam kehidupan keseharian kita, misalnya Neuro Psikologi. Demikian pula aplikasi Neurosains yang hubungannya dengan Artificial Intelligence atau mesin-mesin cerdas,” kata Taruna.

Keberadaan Neurosains ini, lanjut Taruna, menjadi bidang ilmu masa depan yang harusnya dimiliki oleh perguruan tinggi yang ingin menjadi perguruan tinggi terdepan di dunia.

“Dengan keinginan dan harapan UICI ini untuk mengembangkan digital neuro psikologi sebagai core pengembangan masa depan ini menunjukkan bahwa UICI merupakan universitas yang bukan saja universitas untuk pengembangan sains teknologi tapi juga bisa menjadi center of excellence,” imbuh Taruna.

Prof. Taruna Ikrar adalah dokter dan seorang ilmuwan dalam bidang farmasi, jantung, dan syaraf. Ia pernah menjabat sebagai spesialis laboratorium (specialist) di Departemen Anatomi dan Neurobiologi di Universitas California di Irvine.

Saat ini, ia menjabat sebagai Director of Members-at-Large di International Association of Medical Regulatory Auhtorities (IAMRA) atau Konsil Kedokteran Internasional. Taruna akan menjabat untuk masa jabatan 2021 – 2024. (*)

share :

Newsletter

Signup our newsletter to get update information, news or insight for free.