Riawan Amin: UICI Berperan Strategis Bangun Pendidikan untuk Semua

Berita

Muhtar

Tokoh Ekonomi Syariah Dr. (H.C) A. Riawan Amin, M.Sc., berkunjung ke Universitas Insan Cita Indonesia (UICI) pada Kamis (06/06/2024).

Pada kesempatan tersebut, Riawan menyampaikan pandangannya mengenai peran strategis UICI dalam konteks pendidikan digital di Indonesia.

“Alhamdulillah, saya hari ini mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi UICI, sebuah universitas digital. Saya merasa sangat tercerahkan dari diskusi-diskusi yang ada tentang bagaimana kita membangun sebuah universitas yang anytime anywhere for everyone,” ujar Riawan Amin yang juga Direktur Utama Bank Muamalat tahun 1999-2009.

Riawan menekankan betapa pentingnya model pendidikan yang diterapkan UICI bagi negara dengan wilayah yang luas dan populasi yang tersebar.

“Bayangkan saja bagaimana strategisnya model yang sedang dibangun oleh UICI ini bagi sebuah negara yang jangkauan wilayahnya begitu besar. Bayangkan berapa banyak nanti efisiensi yang bisa dilakukan negara ini dalam konteks pendidikan,” tambahnya.

Riawan Amin juga membahas aspek spiritual dari pendidikan yang tidak selalu terlihat secara langsung tetapi sangat penting.

“Dalam pengertian irasional, contohnya saja inti daripada pembukaan Al-Baqarah adalah alladziina yu’minuna bil ghaib, orang-orang yang meyakini sesuatu yang ghaib. Ghaib itu bukan tidak ada, ghaib itu ada cuman tidak terlihat. Model-model seperti ini juga bukan sesuatu yang bisa diterima atau dimengerti oleh semua orang, tetapi it’s been started, ini telah dimulai dan Insyaallah ini akan berkontribusi besar kepada bangsa, negara, dan umat Islam di Indonesia,” paparnya.

Riawan Amin memberikan pesan khusus kepada para mahasiswa UICI di seluruh tanah air, serta mereka yang berada di berbagai belahan dunia.

“Anda telah mendapatkan sebuah kesempatan emas. Mudah-mudahan pendidikan anda ini nanti, sekarang ini masih ghaib ya, namanya pendidikan ilmu ini bisa mewujud kepada sesuatu tindakan-tindakan riil di manapun anda berada, di manapun anda berasal, di manapun bidang pekerjaan anda. Artinya, ada link and match antara apa yang anda pelajari di sini dengan yang nanti anda lakukan di dunia nyata,” tutupnya.

share :