Sains Data: Prodi Paling Dicari di Masa Depan, Berikut Prospek Kerjanya

Artikel

Nesa Azra

Apa itu Sains Data?

Untuk mengetahui pengertian sains data, kamu harus mengetahui pengertian data terlebih dahulu. Data adalah kumpulan data yang diolah menjadi informasi, olahan informasi tersebut akan digunakan sebagai medium agar dapat mengambil keputusan. Data sendiri terdiri dari berbagai jenis seperti yang terstruktur, semi terstruktur serta tidak terstruktur.

Sedangkan, sains data adalah sebuah ilmu terapan yang menganalisis serta mempelajari data, khususnya data numeric, baik terstruktur atau tidak terstruktur. Ilmu sains data ini adalah bidang ilmu gabungan mulai dari statistika, bisnis dan ilmu komputer.

Data scientist, menjadi salah satu profesi lulusan data sains yang semakin diincar karena memiliki penghasilan yang sangat baik. Tidak mengherankan, peminat jurusan data science di Indonesia juga terus meningkat.

kebutuhan perusahaan pada tenaga data sains tentu menjadi semakin meningkat. Bahkan, salah satu survei yang dilakukan oleh IBM atau Institute of Business Management for Business Value mengungkapkan bila kebutuhan lulusan jurusan data sains mengalami lonjakan yang begitu signifikan dari seluruh dunia.

Prospek Karir

– Data Scientist , Analyst, Science Architect
– Data Science (Application) Programmer/Engineer
– Business Analyst
– Data Steward
– Digital Data Curator
– Data Librarian
– Data Archivist
– Large Scale (Cloud) Database Designer

YUK, DAFTAR JADI MAHASISWA PROGRAM STUDI SAINS DATA UICI!!
Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) untuk Prodi Sains Data masih dibuka hingga 29 Desember 2023.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai PMB UICI, anda bisa menghubungi Customer Service PMB di nomor WhatsApp 081 1120 1230 atau mengakses laman pmb.uici.ac.id

share :