Strategi Sukses Mewujudkan Resolusi Tahun Baru: Metode ‘SUDAH’ untuk Capai Tujuan

Artikel

Nesa Azra

Salah satu yang biasa dilakukan orang-orang saat menghadapi pergantian tahun adalah membuat resolusi.

Resolusi tahun baru artinya janji yang dibuat pada diri sendiri untuk mulai melakukan sesuatu yang baik atau berhenti melakukan sesuatu yang buruk, yang dimulai dari hari pertama di tahun yang baru.

Resolusi juga berisi harapan, rencana, dan impian yang ingin dicapai di tahun mendatang.

Membuat resolusi tahun baru nampaknya sederhana dan mudah dilakukan. Namun tak jarang pula yang terlupa di tengah perjalanan sehingga hanya sebatas rencana saja

Banyak faktor yang menyebabkan resolusi terlupakan di tengah jalan, salah satunya karena tidak realistis atau terlalu tinggi.

Tips Membuat Resolusi

Suatu resolusi dapat tercapai bergantung pada cara seseorang dalam menyusun target yang ingin diraih.

Berikut ini adalah tips membuat resolusi melalui sebuah metode yang tertuang dalam akronim “SUDAH” yang dilansir dari kompas.com:

1. S (spesifik): susun target dengan sangat spesifik Christin menjelaskan, target yang ada dalam resolusi sulit dicapai jika hal yang diinginkan tidak dibuat secara jelas dan detail. Target, kata dia, harus dibuat dengan batasan waktu yang pasti kapan rencana itu akan tercapai. Contohnya, target ‘ingin punya pacar di 1 Desember 2024’.

2. U (ukur): ukurlah dengan angka Selain itu, target hanya berakhir menjadi rencana jika tidak memiliki tolok ukur ketercapaiannya. “Tolok ukur yang paling gampang itu pakai angka,” jelas dia.

Dia mencontohkan, ada orang beresolusi ‘punya satu pacar di tanggal 1 Desember 2024’. Target ini jelas karena mencantumkan angka sebagai tolak ukur keberhasilan.

3. D (detail): detailkan setiap aktivitas atau kegiatan Menurutnya, orang harus membuat resolusi dengan detail, termasuk aktivitas, usaha, dan kegiatan yang dilakukan untuk mencapai targetnya.

Misal, orang yang ingin punya pacar pada 1 Desember 2024 harus mendetailkan tindakan yang dilakukan selama periode tersebut untuk mencapai tujuan awalnya.

4. A (ajak teman): minta dukungan sosial Dia menuturkan, orang yang menyusun resolusi 2024 perlu meminta dukungan sosial dari orang-orang sekitar yang kompeten agar targetnya tercapai. “Dalam mencapai target, kita tidak bisa sendiri, maka kita harus memberdayakan orang-orang di sekitar kita sesuai dengan kemampuan orang-orang itu,” ujarnya.

5. H (hadiah): hadiahi diri setiap berhasil mencapai target Christin menjelaskan, memberikan hadiah untuk diri sendiri yang berhasil mencapai target-target kecil diperlukan agar tetap bersemangat saat mewujudkan resolusi lain. Hadiah ini, lanjutnya, dapat berupa melakukan hobi yang disukai atau membeli barang yang diinginkan.

share :