Tertarik sebagai Freelancer? Ini 5 Situs Freelance Terpercaya

Artikel

Muhtar

Bagi generasi y, z, bahkan alpha, cukup familiar dengan istilah freelance. Jenis pekerjaan yang semakin populer, khususnya setelah adanya pandemi.

Freelance adalah pekerjaan lepas yang tidak mengikat pekerja layaknya karyawan. Pekerjaannya biasanya berlaku per project. Jadi setelah project selesai, ikatan kontrak akan berakhir. Sedangkan freelancer adalah sebutan untuk orang-orang yang menjalani pekerjaan tersebut.

Pekerjaan yang dikenal fleksibel ini, semakin populer seiring dengan perkembangan teknologi dan internet. Karakteristik pekerja kekinian yang tidak suka terikat, diatur tempat, waktu, bahkan seragam, dan sebagainya sangat cocok dengan pekerjaan ini, dan mungkin Insan Cita salah satunya.

Nah, untuk Insan Cita yang penasaran atau mungkin mau coba langsung menjadi freelancer, berikut rekomendasi website freelance yang terpercaya! Baik lokal maupun internasional, pemula juga ada, lo.

Projects.co.id

Situs ini bermarkas di Bandung dan sangat populer bagi freelance pemula. Fitur yang digunakan cukup sederhana dan mudah dipahami.

Di situs ini, Insan Cita bisa mencari berbagai jenis project, terutama yang berkaitan dengan komputer dan dunia digital. Tak hanya itu juga tersedia beragam pekerjaan sederhana seperti input data, data collection, sebar kuisioner, dan juga banyak lowongan pekerjaan part time jangka panjang.

Situs ini mengusung konsep marketplace. Jadi di sini Anda bisa menawarkan project atau mencari projects. Juga menyedikan jual jasa, untuk Insan Cita yang memiliki keahlian khusus, bisa menawarkan secara langsung.

Freelancer Indonesia / Freelancer.co.id

Menjadi salah satu situs freelancer terbesar di Indonesia dengan user terdaftar mencapai 32 juta. Semakin meningkatnya user di situs ini juga berkaitan dengan banyak jenis pekerjaan yang disediakan.

Freelancer bisa dibilang Top of mind orang-orang terhadap situs kerja remote. Dulunya situs ini hanya menggunakan bahasa Inggris karena berasal dari Australia dan hanya memberlakukan transaksi menggunakan dolar. 

Di situs ini, mayoritas client-nya berasal dari luar negeri. Tapi Anda masih bisa mencari client dari Indonesia dengan memanfaatkan filter pekerjaan lokal.

Selain berburu job seperti pada umumnya, Insan Cita juga bisa mengikuti kontes di website ini. 

Sribulancer

Meskipun platform lokal, Sribulancer masih menjadi platform crowdsourcing lokal yang jadi top of mind kaum freelancer.

Selain itu, Sribulancer juga menggarap pasar global, lo. Jadi Insan Cita bisa berkesempatan mendapatkan client dari luar negeri melalui situs ini.

Sribulancer juga berusaha menghadirkan fitur yang membuat client dan pekerja sama-sama nyaman. Seperti fitur safepay atau rekening bersama yang jadi penengah pada proses pembayaran. 

Sistem ini memberi jaminan pembayaran pada pekerja. Selain itu, client juga mendapat jaminan uang kembali jika pekerja mangkir dari tugasnya. 


Sribulancer juga sangat mengapresiasi portofolio. Platform ini membantu mempromosikan pekerja yang memiliki kinerja baik di halaman portofolionya. 

Upwork

Kalau tadi platform lokal, kita akan berkenalan dengan platform internasional, dan Upwork adalah yang paling terkenal dan terbesar di dunia. Upwork memiliki lebih dari 12 juta pencari kerja dan tiga juta klien hingga saat ini.

Upwork menawarkan fleksibilitas dalam sistem pembayaran. Client dan pekerja bisa menggunakan skema hitungan per jam ataupun per proyek yang diselesaikan.
Ada beberapa fitur yang bisa mendukung perjalanan karir freelance di Upwork. Seperti collaborative space dan pembuatan invoice.

Fiverr

Fiverr ini mempunyai cara kerja yang unik. Di situs freelance lain, klien lah yang membuat pengumuman untuk mencari pekerja freelance. Namun di Fiverr,  pekerja freelance lah yang membuat pengumuman untuk mencari klien. 

Di situs ini, Insan Cita tidak perlu bidapply atau promosi pada pengumuman yang dibuka klien satu per satu. Insan Cita tinggal buat pengumuman dan menunggu pengumuman Insan Cita untuk mendapatkan klien yang sesuai.

Selain lima situs di atas, masih banyak lo situs crowdsourcing cukup populer lainnya. Namun yang terpenting dalam dunia freelancer, sangat penting membangun portofolio yang baik. Untuk pemula jangan khawatir, kamu bisa membangunnya pelan pelan dan menjaga tetap profesional, agar sellau mendapat review dan ranking yang baik.

share :