Tim Debat UICI Raih Juara I dalam Lomba Debat Nasional di UNM

Prestasi & Karya

Muhtar

Prestasi gemilang ditorehkan oleh tim debat Universitas Insan Cita Indonesia (UICI) dalam ajang lomba debat nasional Public Expo 2022 yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (HIMAGARA FIS-H) Universitas Negeri Makassar (UNM) pada 24-26 Agustus 2022.

Tim debat UICI yang diwakili oleh mahasiwa program studi Bisnis Digital Angkatan III Alfitra Mappuna dan Adrian Jaya Wijaya Rusli berhasil meraih juara I.

UICI berhasil mengalahkan Universitas Muhamadiyah Malang yang menjadi juara II dan Universitas Hasanuddin sebagai juara III. Selain itu, UICI melalui Alfitra juga berhasil merebut gelar best speaker.

“Syukur Alhamdulillah setelah mengikuti lomba tersebut kami mendapatkan hasil sebagai juara satu dan juga sebagai the best speaker,” kata Alfitra pada Selasa (30/08/2022).

Lomba debat nasional mengangkat tema Good Governance dalam Akselerasi Pembangunan Nasional. Lomba menggunakan sistem debat british parliamentary, di mana sistem debat mengacu pada prosedur parlementer Inggris. Peserta yang berdebat akan memerankan sebagai government atau proposition dan opposition.

Dalam lomba tersebut, Alfitra mengungkapkan UICI mendapatkan dua kali kesempatan sebagai opening opposition dan closing opposition.

“Pada awalnya kami menghadapi Universitas Muhammadiyah Malang  bersama Universitas Hasanuddin. Kemudian kami melawan lagi Universitas Muhammadiyah Malang bersama Universitas Negeri Makassar,” jelas Alfitra.

Untuk tahapan lomba, Alfitra menjelaskan pertama-tama peserta diminta untuk mengirimkan video kepada panitia. Video itu nantinya akan menentukan layak tidaknya peserta untuk melaju ke babak berikutnya.

Lomba debat nasional itu diikuti oleh beberapa kampus dari berbagai daerah, seperti Universitas Indonesia, Universitas Muhammadiyah Malang, Universtas Sriwijaya, Universitas Hasanuddin, Universitas Negeri Makassar, dan lain sebagaiannya.

Sementara itu terkait dengan persiapan, Adrian menjelaskan dirinya bersama dengan Alfitra menemui beberapa teman yang sudah berpengalaman dalam lomba debat. Di situ, mereka berdiskusi terkait dengan tips dan trik dalam debat.

“Kemudian kami sharing dengan mereka, ini teknisnya gimana ya, itu triknya apa ya untuk menjadi juara. Karena bisa dibilang ini cukup berbeda dengan lomba debat pada umumnya,” kata Adrian.

Terpisah, Kepala Divisi Pembinaan Mahasiswa dan Alumni UICI Mega Waty mengatakan prestasi yang diraih oleh Alfitra dan Andrian merupakan sebuah kebanggaan bagi UICI.

“Mereka membuktikan walaupun mereka adalah mahasiswa baru, namun semangat tumbuh bersama UICI patut diapresiasi. Semoga mahasiswa UICI senantiasa mengembangkan diri dengan berbagai macam prestasi sesuai minat dan bakatnya,” kata Mega.

“Semua minat dan bakat yang dimiliki adalah yang terbaik bagi setiap individu yang beragam dan unik,” tutup Mega. (*)

share :