Tindak Lanjut Kerja Sama UICI dan IIFTIHAR, Kunjungi IsDB Regional Hub Indonesia Bahas Program Halal Service

Berita

Muhtar

Universitas Insan Cita Indonesia (UICI) dan International Islamic Forum for Science, Technology, and Human Resources Development (IIFTIHAR) berkunjung ke Islamic Development Bank (IsDB) Regional Hub Indonesia pada Selasa (20/03/2023).

Kunjungan tersebut dalam rangka menindaklanjuti kerja sama yang telah ditandatangani pada 14 Desember 2022 lalu, khususnya dalam program International Halal Services (IHS).

Bertempat di Kantor Pusat IsDB Regional HUB Indonesia yang terletak di kawasan SCBD, Jl. Jend. Sudirman Kav. 52/53, Senopati, Jakarta, tampak hadir Rektor UICI Prof. Laode Masihu Kamaluddin, Sekretaris Jenderal IIFTIHAR, Dr.-Ing. Ilham Akbar Habibie, MBA. dan pengurus lainnya, serta dari IsDB sendiri diwakili oleh Salah Jelassi, Head of IsDB Regional HUB Indonesia.

Rektor UICI dalam kesempatan ini mengatakan bahwa kunjungan ke IsDB adalah kelanjutan dari kunjungan sebelumnya ke Kantor Pusat IsDB Malaysia pada Selasa, 17 Oktober 2022 lalu.

“Kita tahu bahwa IsDB ini seperti IMF dunia, tapi khusus untuk negara negara mayoritas muslim. Jadi sangat prospektif untuk kita berkolaborasi, baik untuk pendidikan di UICI, juga program IHC yang sudah kita susun,” jelas Prof Laode setelah acara.

Ketua Forum Rektor Indonesia (FRI) periode 2012 – 2013 ini juga mengatakan kunjungan ini bukan mencari investor atau pendanaan.

“Kita berkunjung bukan mencari pendanaan, bukan. Justru kita menawarkan solusi dan program yang bisa bermanfaat untuk masyarakat internasional dan negara-negara muslim tentunya” tegas Rektor pertama UICI ini.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga mempresentasikan UICI sebagai kampus digital pertama di Indonesia.

“Alhamdulillah mereka menyambut baik platform yang dikembangkan UICI, dan insya Allah kita akan ikut presentasi  dalam agenda tahunan OKI di Jeddah pada Mei 2023 mendatang,” tambahnya.

Diketahui, IsDB ini merupakan lembaga keuangan multilateral yang mendorong pembangunan ekonomi dan sosial di negara-negara anggota dan masyarakat muslim dengan prinsip syariah.

Bank ini didirikan pada tahun 1973 oleh para menteri keuangan di Organisasi Konferensi Islam (kini Organisasi Kerjasama Islam) dengan dukungan dari Raja Arab Saudi saat itu (King Faisal) dan mulai beroperasi pada 3 April 1975. Saat ini jumlah anggota IsDB mencapai 57 negara.

share :