Tingkatkan Skill Digital Pegawai, UICI Gelar Digital Competency Training

Berita

Muhtar

Universitas Insan Cita Indonesia (UICI) menggelar pelatihan Digital Competency Training (DCT) pada Selasa (12/07/2022) hingga Sabtu (16/07/2022). Kegiatan ini diikuti oleh para pegawai yang ada di UICI.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Abdul Aziz mengatakan tujuan dari digelarnya pelatihan ini adalah untuk meningkatkan keahlian digital para pegawai di UICI.

“Jadi ini nanti tidak hanya jadi pengetahuan tetapi menjadi skill. Jadi kita akan melakukan skill up dari teman-teman peserta untuk memiliki lima kompetensi digital,” kata Aziz seusai penutupan pelatihan pada Sabtu (16/07/2022).

Aziz menyampaikan dalam lima hari pelatihan itu, peserta diajarkan tentang lima kompetensi digital, yaitu desain grafis, content video creation , animasi, streaming, dan pembuatan website.

Pada hari pertama, peserta diajarkan tentang materi desain grafis. Tujuan dari materi ini adalah peserta bisa desain kartu nama, poster, dan media sosial.

“Kemudian hari kedua kita memberikan pelatihan video content creation. Tujuannya adalah peserta bisa membuat video content. Pembelajarannya mulai dari aktivitas syuting hingga editing video,” lanjut Aziz.

Selanjutnya pada hari ketiga, peserta diajarkan tentang pembuatan animasi, baik itu animasi 2D maupun 3D. Kemudian pada hari keempat, peserta diajarkan tentang kegiatan streaming. Pada materi ini, peserta diajarkan tentang penggunaan software OBS Studio.

“Hari terakhir kita melakukan pembelajaran tentang pembuatan web atau web development. Tujuannya para peserta bisa membuat personal web-nya masing-masing,” jelas Aziz.

Sebelumnya, pada sesi pembukaan, Rektor UICI Prof. Laode Masihu Kamaluddin mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari peningkatan kualitas SDM di UICI.

“Ini adalah training dan re-skilling. Kita berharap setelah pelatihan ini, kita yang berada di ruangan ini akan lahir menjadi manusia baru dengan kekuatan di tangan kita, yaitu skill, keterampilan digital yang sifatnya itu kompetensi,” kata Prof. Laode, Selasa (12/07/2022). (*)

share :