Tipe-tipe Leader yang Bikin Betah Kerja

Artikel

Kanyaka Anindita

foto : freepik

Dalam dunia kerja atau organisasi, kehadiran seorang pemimpin sangat dibutuhkan agar bisa membawa setiap aspek dalam organisasi menuju tujuan yang diinginkan. Beberapa pemimpin memiliki gaya memimpinnya masing-masing, baik untuk orang lain atau bagi dirinya sendiri. Ada leader yang bossy, ada pula yang selalu menerima setiap saran dan masukan yang ia terima. Lalu bagaimana gaya kepemimpinan yang baik untuk diterapkan? Yuk simak!

Dikutip dari imd.org, beberapa gaya kepemimpinan yang efektif untuk bisa diadopsi antara lain:

Transformational Leadership

Kepemimpinan yang transformasional ditandai dengan seseorang yang berorientasi pada perubahan. Leader dengan gaya kepemimpinan seperti ini berfokus pada masa depan namun tetap menghargai bawahannya dengan menginspirasi dan menonjolkan potensi individual mereka.

Delegative Leadership

Kepemimpinan delegatif bearti seorang pemimpin akan memberi kebebasan dan kepercayaan kepada bawahannya untuk melakukan tugas. Meskipun dapat menjadi gaya kepemimpinan yang tidak kaku, tapi akan sulit dilakukan jika pemimpin seperti ini memiliki bawahan yang tidak kompeten dan tidak bertanggung jawab.

Authoritative Leadership

Tipe selanjutnya yaitu tipe leader yang menjadi contoh untuk bawahannya. Authoritative leadership berarti mereka akan memberi pendekatan agar bawahan mengikuti atasan mereka. Gaya leader yang seperti ini akan memberikan motivasi kepada bawahannya karena mereka akan memberi timbal balik yang lebih personal.

Transactional Leadership

Tipe kepemimpinan transaksional menerapkan ‘reward and punishment’ kepada bawahannya. Hal ini menjadikan setiap orang dapat menumbuhkan tanggung jawab. Namun tidak di semua keadaan gaya kepemimpinan seperti ini efektif. Menurut verywellmind.com, gaya kepimimpinan ini efektif ketika sedang mendesak dan membutuhkan suatu pencapaian dengan segera. Ini juga efektif di keadaan ketika permasalahan yang dihadapi sederhana dan jelas.

Partisipative Leadership

Kepemimpinan pertisipatif atau demokratis merupakan gaya kepemimpinan dimana atasan akan mendengarkan saran dan masukan bawahannya dalam memutuskan sesuatu. Gaya kepemimpinan ini menuntun pada kegiatan kolektif untuk mengidentifikasi masalah dan memecahkannya. Tipe ini juga menuntut setiap orang untuk berpikir kreatif, mengekspresikan diri, dan menumbuhkan rasa kepercayaan.

share :