Tren Konsumsi Konten Internet Peserta Didik, Konten Hiburan Mendominasi

Artikel

Muhtar

Penggunaan internet di Indonesia bagi peserta didik usia 5-24 tahun mengalami peningkatan. Pandemi Covid-19 membawa pengaruh besar terhadap peningkatan penggunaan internet di Indonesia.

Pada masa Covid-19, pendidikan turut bergeser dari kegiatan luar jaringan (luring) menjadi proses belajar dan mengajar secara daring.

Mengutip goodstats, pada 2019 peserta didik yang menggunakan internet hanya sebesar 53,06 persen.

Angka ini kemudian meningkat menjadi 59.33 persen pada 2020 dan melonjak pada 2021, hingga menyentuh 77,42 persen. Pada 2023, persentase kembali meningkat menjadi 77,46 persen.

Lalu konten apa yang paling banyak diakses oleh peserta didik usia 5-24 tahun?

Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas 2023) menunjukkan konten hiburan menjadi konten yang paling banyak diakses oleh peserta didik saat menggunakan internet. Jumlahnya sebanyak 86,65 persen.

Penggunaan internet terbanyak kedua adalah untuk mengakses platform media sosial. Sebanyak 66,68 persen peserta didik menggunakan internet untuk mengakses Instagram, TikTok, Facebook, dan media sosial lainnya.

Ada pun 61,39 persen peserta didik menggunakan internet untuk tujuan mendapatkan informasi atau berita.

Sementara itu, persentase penggunaan internet dengan tujuan pembelajaran online oleh peserta didik hanya sebesar 27,46 persen. (*)

share :