UICI dan YAHMI Jajaki Kerjasama Pengembangan SDM Desa

Berita

Muhtar

Universitas Insan Cita Indonesia (UICI) menerima kunjungan dari Yayasan Harapan Muslim Indonesia (YAHMI) pada Rabu (22/05/2024).

Kunjungan YAHMI ini disambut langsung oleh Rektor UICI Prof. Laode Masihu Kamaluddin di ruangan rektor.

Ketua Umum YAHMI Dr. Berliana Kartakusumah menyampaikan apresiasinya atas sambutan hangat dari UICI dan menggambarkan kunjungan ini sebagai kehormatan besar.

“Kami merasa terhormat dan tersanjung karena sambutan yang sangat baik dari Pak Rektor. Kami mendapatkan begitu banyak masukan dan ilmu baru mengenai digitalisasi dan pembangunan berbasis desa melalui artificial intelligence (AI) dan teknologi lainnya,” ungkapnya.

Dr. Berliana juga menyoroti inovasi kampus digital UICI yang dianggapnya sebagai sesuatu yang baru dan revolusioner, tidak hanya untuk masyarakat umum tetapi juga bagi komunitas akademik.

Ia menyampaikan bahwa apa yang disampaikan oleh Prof. Laode membuka wawasan baru tentang dunia pendidikan.

“Hal-hal baru yang disampaikan oleh Pak Rektor kepada kami membuka wawasan tentang peran UICI dalam menciptakan peradaban masa depan yang lebih maju, tidak hanya untuk Indonesia tetapi juga di kancah global,” tambahnya.

Dalam diskusi tersebut, disepakati pula rencana kolaborasi untuk merekrut anak-anak unggul dari desa menjadi mahasiswa UICI.

“Kami akan bersama-sama merekrut anak-anak unggul desa untuk menjadi mahasiswa UICI. Salah satu sumber pendanaan yang kami usulkan adalah dari dana desa. Jika setiap desa dapat mendanai dua anak untuk menempuh pendidikan di UICI, mereka bisa tetap tinggal di desanya sambil mendapatkan pendidikan berkualitas tanpa harus pindah ke kota,” jelasnya

Kolaborasi ini diharapkan dapat mengurangi brain drain dari desa ke kota serta memberdayakan masyarakat desa melalui digitalisasi.

“Dengan digitalisasi, anak-anak desa dapat tetap tinggal di lingkungan mereka dan mengembangkan berbagai kreativitas serta kemungkinan baru,” kata Dr. Berliana.

Rencana pilot proyek kolaborasi ini akan dimulai di Jawa Barat, sebagai upaya awal untuk merealisasikan visi bersama antara YAHMI dan UICI.

share :