UICI Gunakan Gen AI untuk Pembelajaran, Mudahkan Mahasiswa Dapat Nilai Tinggi

Berita

Muhtar

Wakil Rektor bidang R&D dan Digital Advancement Universitas Insan Cita Indonesia (UICI) Prof. Dr. Jaswar Koto, Eng, C.Eng, C.Mar.Eng mengatakan UICI telah menggunakan  Artificial Intelligence Generatif (Gen AI) dalam proses pembelajarannya.

Untuk itu, UICI menyambut baik imbauan United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) soal penggunaan AI di dunia pendidikan dapat terlaksana pada tahun 2030.

“Oleh karena itu kami menyambut baik. Insya Allah ke depannya Gen AI ini akan dapat digunakan di setiap perguruan tinggi di Indonesia. Semoga Impian kita untuk 2030 sebagaima UNESCO memandatkan untuk menggunakan AI di dunia pendidikan dapat terlaksana sebagaimana mestinya,” kata Prof. Jaswar.

Perlu diketahui, UICI saat ini telah mengembangkan platfom pendidikan berbasis AI, yaitu Artificial Intelligence Digital Simulator Teaching Learning System (DSTLS). Prof. Jaswar mengatakan saat ini AI DSTLS telah bisa diakses perangkat apa saja.

Ia mengungkapkan ada banyak manfaat yang diperoleh dari penggunaan AI DSTLS yang itu tidak didapatkan melalui pendidikan konvensional.

Selain memberikan kemudahan fleksibilitas ruang dan waktu, AI DSTLS juga memberikan kemudahan kepada mahasiswa yang ingin mendapat nilai baik.

“Kemudahan yang didapat dari platform tersebut adalah proses pembelajaran yang fleksibel, bisa diakses berulang-ulang, lebih efisien, dan memberi kemudahan bagi mahasiswa untuk mendapatkan nilai yang lebih tinggi pada setiap mata kuliah,” kata Prof. Jaswar.

Ia pun mencontohkan mahasiswi program studi Bisnis Digital yang mampu memperoleh nilai A+ di semua mata kuliah.
Menurut Prof. Jaswar, keberhasilan mahasiswi tersebut mendapatkan nilai A+ di semua mata kuliah karena adanya kesempatan mengulang dalam platfom AI DSTLS.

“Kenapa bisa begitu? Karena menggunakan AI ini seorang mahasiswa atau mahasiswi bisa mengulang-ulang semua pertanyaan sehingga bisa mendapat nilai sempurna,” jelas Prof. Jaswar. (*)

share :