UICI Jalin MoU Pengembangan Pertanian Digital dengan Maporina dan P4B-MIGO

Berita

Muhtar

Universitas Insan Cita Indonesia (UICI) menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) tentang pengembangan pertanian digital dengan dua lembaga sekaligus.

UICI menjalin MoU dengan Masyarakat Petani dan Pertanian Organik Indonesia (Maporina) dan Pusat Penelitian Pengembangan dan Penerapan Bioteknologi (P4B-MIGO) pada Jumat (19/04/2024).

Penandatanganan MoU tersebut dilakukan oleh Rektor UICI Prof. Dr. Laode Masihu Kamaluddin, Ketua Maporina Ir. Subandriyo, dan Direktur Utama P4B-MIGO Dr. Ir. Ali Zum Mashar, MS. di Gedung Rektorat UICI, Kuningan, Jakarta Selatan.

Dr. Ir. Ali Zum Mashar mengatakan sangat bahagia bisa menjalin MoU dengan UICI dan Maporina. Kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan semangat generasi muda untuk terjun ke pertanian.

“Yang utama adalah bagaimana membangkitkan generasi muda untuk mencintai pertanian yang produktifitas tinggi, keren, dan sangat luar biasa untuk meng-generate income,” kata Ali.

Menurut Ali, problem utama pertanian di Indonesia adalah soal pengelolaan dan efisiensi. Kekayaan alam yang melimpah harus ditopang dengan teknologi yang tepat.

“Oleh karena itu teknologi yang kita temukan bioteknologi ini kita kerjasamakan dengan UICI yang memiliki kemampuan di bidang digital dan generate artificial intelligence,” jelasnya.

Ia berharap kerjasama ini dapat menjadikan Indonesia ke depan menjadi pemasok pangan dunia.

“Kita yakin tidak lama lagi Indonesia akan swasembada pangan, khususnya beras tidak impor lagi, bahkan surplus 11 juta ton per tahunnya. Kedelai yang sebelumnya menjadi importir tidak lama lagi, tiga tahun ke depan kita akan surplus. Kemudian komoditas lainnya yang bisa ditanam dan mudah dikembangkan di Indonesia,” lanjut Ali.

Senada dengan Ali, Ir. Subandriyo mengharapkan kerjasama ini dapat berdampak positif terhadap pertanian di Indonesia.

“Dengan kerjasama ini tentunya kita berharap bermanfaat terhadap pertanian di Indonesia terutama untuk meningkatkan semangat generasi muda di bidang pertanian,” tutupnya.

share :