UICI Tanda Tangani Nota Kesepahaman dengan Badan Pengelola Masjid Istiqlal

Berita-Kerja Sama

Muhtar

Universitas Insan Cita Indonesia (UICI) menandatangani nota kesepahaman dengan Badan Pengelola Masjid Istiqlal tentang Kerja Sama Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat pada Senin (10/07/2023).

Penandatanganan nota kesepahaman dilakukan oleh Rektor UICI Prof. Dr. Laode Masihu Kamaluddin dan Imam Besar Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar di Gedung Rektorat UICI, di Jalan HR. Rasuna Said, Karet Kuningan, Jakarta Selatan.

Dalam sambutannya, Rektor UICI Prof. Laode mengungkapkan bahwa hari ini merupakan hari yang spesial karena telah dilakukannya kerja sama dengan BPMI.

Prof. Laode mengungkapkan UICI merupakan universitas yang digagas oleh alumni HMI dengan fondasi keislaman dan keindonesiaan.

“Sebagai tanda komitmen di tengah-tengah keindonesiaan dan hiruk-pikuk ini kita tetap mempertahankan identitas kita sebagai muslim dan kita adalah sekaligus warga negara Indonesia kelas satu yang ingin memajukan Indonesia,” jelas Prof. Laode.

Ia melanjutkan UICI dibangun dengan cita-cita mulia, yaitu menggapai yang tidak tergapai oleh perguruan tinggi konvensional, to reach unreachable. Hal itu menurut Prof. Laode merupakan bagian dari pelaksanaan amanat UUD 1945.

“Sebagaimana kita ketahui, sebagai amanat dari UUD 1945, khususnya preambule mengatakan, bahwa mencerdaskan kehidupan berbangsa. Kenyatannya adalah kesenjangan adalah awal dari kesenjangan ekonomi  itu sendiri. Kita semua tahu bahwa Indonesia adalah negara kepulauan tapi sistem pendidikannya berfokus ke daratan dan tidak mencapai kepada mereka yang tidak mampu,” kata Prof. Laode.

Dijelaskan Prof. Laode, UICI menerapkan model digital di mana perguruan tinggi mendatangi mahasiswa, bukan mahasiswa yang mendatangi perguruan tinggi. Hal ini tentunya sangat cocok dengan kondisi negara Indonesia yang merupakan negara kepulauan.

Untuk menjangkau hal tersebut, Prof. Laode menjelaskan bahwa UICI mengembangkan platform artificial intelligence digital simulator teaching learning system (AI DSTLS).

Dengan platform tersebut, pendidikan di UICI dapat dijangkau dari mana saja dan kapan saja.

Setelah penandatanganan nota kesepahaman antara UICI dengan BPMI, acara dilanjutkan dengan kuliah umum bersama Imam Besar Masjid Istiqlal Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar dengan tema “Dari Masjid Menuju Global di Era Digital”. (*)

share :