Webinar From Caption to Action, Narasumber BagikanTips Membuat Caption hingga Social Media Campaign

Berita

Muhtar

Universitas Insan Cita Indonesia (UICI) menggelar webinar dengan tema “Bincang Konten: From Caption to Action” pada Jumat (07/07/2023).

Hadir sebagai narasumber adalah Kaprodi Komunikasi Digital UICI Arrum Dara Efda dan dosen Komunikasi Digital UICI Ilham Setyawan.

Dalam paparannya, Arrum mengatakan bahwa caption menjadi faktor penting untuk menentukan konten yang dibuat mempunyai daya tarik sehingga meningkatkan brandawarenes bisnis atau personal branding.

“Selain memosting foto yang bagus juga tentu kita harus paham tentang membuat caption yang menarik,” jelas Arrum .

Arrum mengungkapkan 6 tips membuat caption, yaitu konsisten pada postingan dan buat content plan bulanan, tulis judul dan hook yang relevan, buat konten yang positif dan menarik untuk disimpan, pakai trending audio, optimalkan profil pada bio.

Sementara itu narasumber kedua, Ilham Setyawan menjelaskan tentang social media campaign atau kampanye media sosial. Ia mengatakan social media campaign berbeda dengan upload konten di media sosial yang biasa.

“Dalam social media campaign, semua aspek seperti target audiens, fokus campaign, waktu, dan indikator lain diatur secara terukur dan detail,” kata Ilham.

“Seluruh postingan konten harus selaras dengan tujuan campaign,” tambahnya.

Lebih lanjut, Ilham menjelaskan tentang jenis-jenis social media campaign. Yang pertama adalah brand awareness campaign.

Ini adalah sebuah kampanye yang didesain khusus untuk mengingatkan kepedulian pelanggan terhadap sebuah brand.

Yang kedua adalah sales campaign. Ilham menjelaskan kampanye penjualan dilakukan untuk memperkuat strategi pemasaran produk dengan fokus pada peningkatan penjualan dan biasanya dilakukan bersamaan dengan promo-promo tertentu.

“Yang ketiga adalah campaign launching product. Ini adalah jenis kampanye yang memanfaatkan influencer atau KOL atau Key Opinion Leader,” tambah Ilham.

Keempat adalah user generated content. Kampanye ini meminta pelanggannya untuk menggunakan produknya langsung. Semua pengalaman harus dibagikan ke media sosial dengan hashtag tertentu.

Kelima adalah campaign content. Ilham menjelaskan jenis kampanye ini dapat dilakukan melalui sebuah kompetisi seperti lomba atau giveaway.

“Jenis kampanye ini efektif untuk meningkatkan engagement di media sosial,” jelasnya. (*)

share :